Perdarahan berwarna cokelat karena apa ?

AD Info Penanya: AD, Wanita, 22 Tahun
Selamat pagi dok , saya Aulia umur 22thn Saya mau tanya dok , saya terkahir menstruasi itu tanggal 17 Maret dok ,, dan tepat hari ini 11mei saya keluar darah , tetapi hanya disaat saya pipis , dan di celana bekas semalem saja , saya menggunakan pembalut dan blm ada tetesan darah lagi , dan darah itu warna coklat bukan warna merah seperti biasanya , itu kira kira knpha ya dok , perut dan pinggang saya terasa nyeri ,, mohon penjelasannya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AD.

Perdarahan berwarna cokelat (flek) dapat terjadi karena adanya gangguan ketidaklancaran siklus haid. Keadaan tersebut dapat dipicu oleh berbagai faktor yang mengakibatkan adanya ketidakseimbagan hormon pengatur siklus menstruasi.

Adapun beberapa faktor pemicu siklus haid yang tidak lancar tersebut, meliputi :

  • faktor genetika atau keturunan
  • keadaan mental yang sedang labil seperti stres dan kecemasan
  • konsumsi dan penggunaan obat-obatan tertentu
  • berat badan yang naik atau turun secara ekstrem
  • penyakit dan kondisi medis tertentu seperti radang panggul
  • sedang menjalani latihan fisik tertentu seperti atlet
  • pola makan yang tidak sehat dan gangguan pola makan seperti anorexia
  • kelelahan

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin dipicu oleh salah satu atau beberapa faktor diatas. Keluhan nyeri pada perut dan pinggang mungkin merupakan bagian dari kram menstruasi. Jika keadaan ini baru dialami saat ini mungkin masih aman, akan tetapi ada baiknya Anda memperhatikan siklus menstruasi pada bulan depan, dan jika keluhan ini terjadi berturut-turut maka sudah memerlukan perhatian yang khusus dari ahli yakni dokter Spesialis Kandungan.

Untuk sementara Anda dapat mencoba cara alami terlebih dahulu untuk mengatasi gangguan haid Anda, berikut tipsnya :

  • meminum air rebusan jahe dan kunyit
  • meminum larutan cuka apel organik secara rutin setiap harinya
  • mengonsumsi bubuk kayu manis dan buah nanas
  • rutin berolahraga tetapi tidak terlalu berat, seperti yoga
  • mempelajari manajemen stres untuk dapat lebih mengontrol kondisi psikologis
  • memperbaiki pola makan yang tidak sehat
  • mengusahakan untuk mencapai atau menjaga berat badan yang ideal
Jika keluhan nyeri pada perut dan pinggang memeberat, periksakanlah diri Anda.  Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AD
11 May 2020, 12:48
Saya baru kali ini ajha dok telat sampe 24 hari ,, darah tersebut hanya keluar di saat saya buang air kecil dan berbentuk darah gumpal tetapi berwarna hitam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
12 May 2020, 07:36
Hi, AD.
Telat haid hingga 24 hari dan ada darah gumpal berwarna hitam bisa dipengaruh oleh faktor perubahan hormon. Untuk memastikannya, sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan. Saat ini yang bisa Anda lakukan adalah lakukan pola hidup sehat (makan makanan bergizi, rutin berolahraga).
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.