Benjolan putih keras di gusi, apa penyebabnya ?

NS Info Penanya: NS, Wanita, 1 Tahun
Assalamualaikum dok, saya nia jadi saya mau nanya di dalam mulut saya ini ada benjolan tepat nya di bawah lidah tapi di bagian gusinya itu ada benjolan putih seperti sariawan tapi bukan karena pas saya pegang dia keras seperti namun tidak sakit saat saya sentuh dan saya terlalu banyak menyimpan air liur di dalam mulu itu kira kira penyebabnya apa ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Waalaikumusalam NS.

Benjolan putih yang keras di gusi dapat disebabkan oleh berbagai penyakit gigi dan mulut yang berkisar dari keadaan ringan hingga yang lebih serius. Gusi sendiri berfungsi sebagai penyangga gigi dan berperan penting dalam rongga mulut. Kesehatan dan kebersihan gusi perlu dijaga dan sama pentingnya dengan gigi.

Adapun beberapa penyebab dari benjolan pada gusi, diantaranya adalah :

Mengenai keluhan yang Anda alami, benjolan tersebut masih belum dapat dipastikan penyebabnya, namun bisa berupa salah satu faktor penyebab yang telah dipaparkan di atas. Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan keluhan produksi air liur berlebihan yang juga Anda rasakan mungkin berhubungan dengan keluhan benjolan pada gusi.

Untuk semetara Anda dapat melakukan kumur dengan air garam atau air yang diberi baking soda dengan rutin untuk mencegah infeksi, dan mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotik jika disertai keluhan nyeri.

Akan tetapi, jika benjolan tidak kunjung hilang atau membesar, ada baiknya Anda periksakan ke dokter Gigi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air putih dapat mengatasi bibir kering dan mencegah dehidrasi

Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Bahan Alami yang Murah

Menjilat bibir bukanlah langkah yang tepat untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Hal itu justru membuat bibir bertambah kering. Untuk mengatasi bibir kering, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami, seperti madu. Bibir kering yang tidak kunjung sembuh dapat manjadi tanda penyakit xerostomia atau mulut kering.