Cara menghitung usia kandungan

RH Info Penanya: RH, Wanita, 1 Tahun
Saya nanya dok.. Terakhir haid saya bulan januari 2020..berapakah kandungan saya sampai bulan mai ini?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, R.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Banyak ibu hamil yang ingin mengetahui usia kandungannya karena itu merupakan hal yang penting untuk memperikirakan HPL (Hari Perkiraan Lahir). Sejauh ini, banyak dokter kandungan yang mengacu dengan metode last menstrual period dan juga menggunakan alat scan (USG) untuk mengitung usia kandungan. 

Metode last menstrual period yaitu metode untuk menghitung usia kehamilan lewat hari pertama haid terakhir (HPHT). Jadi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu hari pertama haid terakhir Anda sehingga dapat terhitung usia kandungan dan HPL. Metode perhitungan ini bisa dilakukan jika siklus mens Anda teratur setiap 28 hari.

Sedangkan metode menggunakan alat scan adalah dengan alat USG yang dilakukan oleh dokter kandungan. Melalui USG, dapat diketahui ukuran bayi dari kepala hingga bagian anusnya. Sehingga dapat diketahui juga usia kandungan. 

Terkait dengan kondisi yang Anda alami ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu hari pertama haid terakhir Anda, sehingga dapat dilakukan perhitungan usia kehamilan Anda. Atau, jika Anda lupa dengan HPHT Anda, maka Anda bisa melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan agar dapat diperiksa secara langsung.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Membantu perkembangan janin dalam rahim ibu, adalah salah satu manfaat kalsium.

Selain Menyehatkan Tulang, Ini 5 Manfaat Kalsium untuk Tubuh

Selama ini, manfaat kalsium yang paling dikenal adalah menyehatkan tulang. Sebenarnya, manfaat kalsium jauh lebih luas. Tubuh sangat membutuhkannya untuk berfungsi. Apa saja manfaat kalsium itu?