Apa penyebab sesak napas disertai rasa panas di dada?

YS Info Penanya: YS, Pria, 1 Tahun
Siang Dok, sy mengalami sesak nafas tpi sy tdk ada batuk atau demam cma sedikit seperti flu. Selain itu suda tiga minggu asam lambung sy naik terus ke kerongkongan dan membuat kerongkongan terasa perih dan dada panas seperti terbakar. Mohon pencerahannya Dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YS

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Sesak napas adalah perasaan tidak nyaman pada saat bernapas, rasa tidak nyaman tersebut bisa berupa perasaan tertindih atau bahkan tidak lega pada saat bernapas dan sebagainya. Sesak napas yang diikuti dengan rasa panas di dada biasnaya bisa diakibatkan oleh beberapa hal, di antaranya adanya masalah pada sistem pencernaan seperti GERD, adanya masalah paru-paru atau bahkan adanya masalah pada jantung. Namun pada usia dewasa muda, keluhan ini biasanya lbeih sering diakibatkan oleh masalah pencernaan akibat dari naiknya asam lambung.

Gastro esofageal reflux disease adalah suatu penyakit yang diakibatkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Gejala pada GERD adalah:

  • Sensansi panas terbakar di dada (heart burn)
  • Rasa tidak nyaman pada tenggorokan
  • Naiknya asam lambung ke kerongkongan
  • Mulut terasa asam, terkadang diikuti dengan mual bahkan muntah
  • Nyeri pada dada atau juga uluhati

terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, sebaiknya tetap berusaha makan tepat waktu, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hindari makanan yang bersifat asam / pedas/ berlemak / berminyak, hindari konsumsi cafein seperti kopi, hindari konsumsi alkohol, tetap mencukupi kebutuhan cairan harian dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Jika keluhan dirasa tidak membaik segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Luka pada lambung dan maag dapat menjadi penyebab dari muntah darah

Muntah Darah karena Maag, Apa Penyebabnya?

Muntah darah adalah kondisi muntah bercampur darah atau hanya darah saja. Muntah darah karena maag ditandai dengan warna darah kecokelatan akibat luka pada lambung.