Bagaimana agar telinga cepat kering?

MA Info Penanya: MA
Telinga sy kemasukan air lalu bernanah dan berair, sdh di bawa ke dokter di kasih obat tetes dan pil menghilngkn rasa sakit, sdh berlangsung 1 bulan tapi tdk ada perubahan, karena saat ini corona saya takut utk ke THT. nama obat tetes sy my cetin clorompenicol, ada kah obat lain yg bisa secepatnya mengeringkn teling saya?? Mhn bantuan ny !! Terima kasih sebelumnya. 🙏🙏🙏
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MA,

Keluarnya cairan dari dalam telinga menunjukkan ada masalah di dalam telinga, dan hal tersebut seringkali disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi jamur, atau kondisi dimana gendang telinga pecah.

Selain itu, pemakaian headset dalam waktu lama dan dengan volume yang terlalu kencang juga bisa menimbulkan kerusakan pada telinga dalam.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan tersebut adalah :

  • Rutin bersihkan cairan yang keluar dari dalam telinga, lap dengan handuk hangat.
  • Telinga tidak boleh dikorek-korek.
  • Minum paracetamol bila terasa nyeri.
  • Letakkan bawang putih yang sudah dimemarkan di lubang telinga sebagai antibiotik alami.
  • Bila yang keluar cairan hanya 1 sisi telinga, maka usahakan tidur dengan posisi ke arah telinga yang mengeluarkan cairan.

Meski dalam kondisi pandemi corona, bila keluhan sudah berlangsung 1 bulan dan tidak ada perubahan, maka sebaiknya tetap lakukan pemeriksaan ke dokter THT. Gunakan masker saat ke Rumah Sakit, dan buat janji temu agar tidak menunggu terlalu lama di Rumah Sakit.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Telinga gatal pasti memancing keinginan untuk mengoreknya

Jangan Anggap Sepele Telinga Gatal, Mungkin Ini Penyebabnya

Telinga gatal dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari kotoran kuping, infeksi, alergi makanan, hingga penggunaan alat bantu dengar. Karena itu, penanganannya juga tergantung pada penyebab tersebut.