Adik saya disengat tawon, saya harus bagaimana?

LN Info Penanya: LN, Wanita, 22 Tahun
Hallo dok saya mau bertanya adek saya kan tadi siang habis di segat tawon ndas kira kira obat nya apa ya dok umur adek saya 8th
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, LNA.

Sengatan tawon paling sering terjadi kepada orang-orang yang beraktivitas di luar ruangan, dan terjadi secara tidak sengaja. Ketika seseorang tersengat tawon, hewan tersebut akan mengeluarkan toksin atau racun. Racun tersebut tidak dikenal oleh tubuh, sehingga tubuh akan mengeluarkan respon peradangan.

Setelah disengat, kulit yang meradang akan memerah, bengkak, dan gatal. Pada kebanyakan kasus, sengatan tersebut hanya berefek ringan yang akan sembuh dalam beberapa hari. Namun, pada sebagian kecil kasus pada orang yang sensitif atau alergi, efeknya akan lebih berat dan mungkin mematikan. Ringan atau beratnya gejala tergantung pada jenis hewannya, banyaknya racun yang masuk, dan seperti apa kekuatan imun pada orang yang terkena.

Gejala sengatan yang berat biasanya akan memiliki ciri-ciri seperti berikut:

  • Nyeri kepala dan tampak pucat
  • Mual dan muntah
  • Bekas kemerahan yang bukan hanya di tempat gigitan, melainkan menyebar ke seluruh tubuh sebagai urtikaria
  • Muka kemerahan
  • Sesak napas
  • Tekanan darah menurun atau hipotensi

Apabila adik Anda mengalami gejala berat, sebaiknya Anda segera membawanya ke Instalasi Gawat Darurat untuk penanganan yang sesuai. Namun jika gejalanya ringan, cuci bersih bekas sengatan dengan air mengalir dan sabun, kemudian kompres dengan handuk dingin. Hindari menggaruk daerah bekas sengatan, dan jika nyeri konsumsilah obat anti nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol dengan dosis sesuai berat badan adik Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sengatan lebah umumnya meninggalkan bentol dan bengkak pada kulit

Mengobati Sengatan Lebah dengan Bahan Alami yang Ada di Rumah

Sengatan lebah dapat menimbulkan bekas luka berupa benjolan dan bengkak yang terasa sakit. Pada sebagian besar kasus, mengobati sengatan ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan obat-obatan yang dijual bebas maupun bahan alami.