Masturbasi sendiri, apa bisa membuat hamil?

S Info Penanya: S
Malem dok, saya mau bertanya saya tidak pernah berhubungan hanya saja saya melakukan manstrubasi dengan sendiri , akhir2 ini perut saya tidak merasa tidak nyaman perut saya membesar perut bagian bawah pun kalau ditekan sakit payudara saya pun mulai berubah merasa membesar dan pentil menonjol , apakah saya hamil? Tapi saya tidak merasa mual2 akhir ini tidak mengalami pusing juga.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Masturbasi adalah tindakan yang dilakukan untuk memberi rangsangan kepada diri sendiri, ke bagian-bagian tubuh yang sensitif. Masturbasi bisa dilakukan oleh siapa saja, baik pria ataupun wanita. Pada wanita, rangsangan biasanya dilakukan di daerah payudara atau kelamin. Masturbasi tidak menyebabkan kehamilan, karena rangsangan dilakukan sendiri, sedangkan kehamilan baru bisa terjadi apabila sel sperma berhasil membuahi sel telur.

Memang benar bahwa perut tidak nyaman dan payudara nyeri bisa merupakan ciri hamil. Namun, hal tersebut tidak hanya dialami oleh ibu hamil, melainkan dimiliki juga oleh orang yang akan haid (Pre Menstrual Syndrome atau PMS), karena terjadi perubahan hormon. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan kondisi rahim Anda.

Anda juga dapat melakukan hal-hal berikut di rumah, agar tidak melakukan masturbasi terlalu sering:

  • Melakukan kegiatan yang menyibukkan, seperti membaca, olahraga, atau bermain musik
  • Hindari sendirian dalam jangka waktu yang terlalu lama
  • Mengalihkan pikiran dengan yang positif
  • Berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater (dokter spesialis jiwa) jika merasa kebiasaan masturbasi ini sudah sangat mengganggu

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat ya.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jarak kehamilan yang berdekatan dalam lingkaran pertemanan membuat orang menganggap hamil itu menular

Mitos Hamil Menular, Benarkah Demikian?

Rupanya, kehamilan bisa menular antara satu perempuan dan lainnya dalam satu lingkaran pertemanan bukanlah sekadar mitos hamil. Namun, kehamilan menular ini tentu saja tidak dapat dikaitkan dengan aspek medisnya.