Benjolan payudara, saat ditekan nyeri dan keras, apakah berbahaya ?

N Info Penanya: N, Wanita, 16 Tahun
Selamat malam dok, saya wanita berumur 16 tahun, saya ingin bertanya, sudah sebulan ini PD saya besar sebelah, PD sebelah kiri terdapat benjolan tapi benjolannya tidak berbentuk bulat tetapi berbentuk pipih, jika saya pegang rasanya sakit dan keras. Itu benjolan apa ya dok apakah berbahaya atau tidak, terimakasih dok selamat malam
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, N.

Benjolan payudara adalah pertumbuhan jaringan abnormal yang membentuk penonjolan atau pembengkakan pada bagian tertentu payudara. Umumnya benjolan pada payudara dapat terasa saat diraba. Terdapat berbagai macam faktor penyebab benjolan payudara. Namun secara umum, benjolan-benjolan tersebut dapat diklasifikasikan menjadi dua, yakni benjolan yang jinak dan yang berpotensi menjadi keganasan.

Benjolan jinak dan ganas

Berikut ciri-ciri yang membedakan benjolan jinak dan yang mengarah ke keganasan, diantaranya adalah :

Benjolan jinak 

  • tepi tidak kasar
  • lebih kenyal
  • dapat dengan mudah digerakan
  • dapat ditemukan di kedua payudara
  • dapat disertai nyeri

Benjolan ganas

  • tepi berbenjol-benjol atau tidak rata
  • cenderung keras
  • melekat pada dasar sehingga sulit digerakan
  • pada stadium awal, seirngkali tidak nyeri

Terkait dengan keluhan Anda, untuk sementara Anda dapat melakukan screening dengan melakukan SADARI yang hasilnya dapat Anda amati, mengacu pada uraian diatas. Jika benjolan yang Anda alami, dirasakan lebih mengarah pada benjolan jinak untuk sementara Anda dapat mengamati apakah gejala benjolan dipengaruhi oleh siklus haid atau tidak, jika iya mungkin berupa fibroadenoma mamae. Akan tetapi tetap membutuhkan pemeriksaan oleh ahli untuk lebih mengarahkan jenis benjolan yang Anda alami. Anda dapat memeriksakan diri pada dokter Spesialis Bedah untuk pemeriksaan lebih lanjut dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tahu putih dan kacang kedelai untuk kesehatan

9 Manfaat Tahu untuk Kesehatan dan Mencegah Penyakit

Manfaat tahu untuk kesehatan adalah dengan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, kanker payudara, kanker saluran pencernaan, kanker prostat, dan diabetes. Selain itu, tahu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, fungsi otak, mencegah menopause, dan mencegah penuaan dini.