Apa saja gejala alergi obat?

LM Info Penanya: LM, Wanita, 30 Tahun
selamat siang dokter saya linda usia 30 tahun.saya mau tanya waktu itu saya minum obat bodrek lalu setelah minum obat itu malemnya bibir saya biru,jantung berdebar,sangat cemas,keringat dingin dan badan saya dingin menggigil dan saya minum air yg bru mateng tidak terasa panas sama sekali padahal air itu baru mateng.kira2 saya kena penyakit apa y dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi yang Anda alami saat ini kemungkinan karena alergi obat. Bodrek yang Anda konsumsi menimbulkan alergi. Alergi obat merupakan suatu kondisi dimana badan memberikan reaksi berlebihan terhadap obat-obatan. Obat-obatan yang menimbulkan alergi biasanya obatan herbal, antibiotik, pereda nyeri, dan obat untuk autoimun.

Gejala dari alergi obat, yaitu:

  • Biduran
  • Ruam pada kulit
  • Gatal pada kulit dan mata
  • Bengkak di bibir, lidah dan wajah
  • Sesak nafas
  • Mata dan hidung berair

Alergi obat jika dibiarkan bisa menjadi anafilaksis. Anafilaksis merupakan suatu kondisi dimana sistem organ tubuh menimbulkan gejala yang cukup parah akibat reaksi alergi sehingga dapat mengancam nyawa. Gejala yang ditimbulkan dari reaksi anafilaksis ini berupa jantung yang berdebar-debar, nyeri perut, gelisah, diare, kejang, penurunan tekanan darah, mual dan muntah.

Kondisi seperti ini harus cepat ditangani. Untuk mengatasinya, Anda bisa menghentikan penggunaan obat tersebut, konsumsi antihistamin, obat kortikosteroid, dan jika dibutuhkan akan dilakukan lewat penyuntikkan agar lebih cepat mengurangi keluhan. Obat-obatan tersebut dapat Anda dapatkan dengan berobat ke dokter terdekat rumah Anda. Untuk itu, segeralah berobat sebelum terlambat. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kulit yang gatal dan berbentol variasi merupakan salah satu tanda alergi dingin dan alergi udara.

Benarkah Anak Gatal dan Bentol Salah Satu Tanda Alergi Dingin?

Alergi dingin adalah kondisi terjadi akibat reaksi kulit terhadap udara dingin. Kulit terasa gatal dan timbul bentol-bentol merupakan salah satu tanda alergi dingin.