Konsultasi tentang hasil test pack

DP Info Penanya: DP, Wanita, 26 Tahun
Selamat pagi dok, saya diya. Begini dok, harusnya saya haid 3 hari yang lalu. Kemarin pagi sy test pack hasilnya ada 2 garis yang 1 terang 1 samar. Dan tiba2 tengah malam td keluar darah seperti haid darahnya lumayan banyak tidak disertai mules dok. Dan iseng test pack lagi karena penasaran. Dan hasilnya tidak muncul garis keduanya antara kontrol atau hasil testnya. Mohon penjelasannya dok. Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DP,

Tes pack merupakan metode pemeriksaan kehamilan sederhana yang menggunakan sampel urin di pagi hari ketika pertama kali berkemih. Pemeriksaan ini idealnya dilakukan 7 hari setelah terlambah haid, karena pemeriksaan yang terlalu dini, hasilnya kurang akurat dan menimbulkan kebingungan karena hormon kehamilan didalam urin belum terlalu banyak kadarnya.

Perihal hasil test pack pertama Anda yang menunjukkan 2 garis samar bisa disebabkan oleh :

  1. Anda hamil, namun karena pemeriksaan dilakukan 3 hari setelah terlambat haid (terlalu dini), maka hormon kehamilan belum banyak, sehingga hasilnya masih samar.
  2. Anda tidak hamil. Garis 2 namun samar bisa terjadi akibat urin yang menguap karena pembacaan dilakukan terlalu lama, jadi bukan karena hormon kehamilan.

Perihal tes pack kedua yang tidak menunjukkan garis sama sekali, maka tentu saja disebabkan oleh kerusakan alat tes pack, karena dalam kondisi apapun, seharusnya akan muncul 1 garis pada bagian kontrol yang menunjukkan alat tidak rusak.

Sebaiknya Anda melakukan tes pack ulang paling cepat 7 hari setelah terlambat dari perkiraan haid, bila masih menunjukkan hasil samar, maka perlu dilakukan tes pack ulang yang ke empat kalinya dengan jarak 7 hari setelah tes pack yang ketiga.

Bila sewaktu-waktu ada kram perut, perdarahan yang banyak, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi Plasenta yang tidak pada tempatnya dapat membahayakan nyawa Anda dan janin

Waspadalah, Kelainan Posisi Plasenta Ini Bisa Bahayakan Nyawa Anda!

Kelainan posisi plasenta pada saat kehamilan, seperti plasenta previa, dapat membahayakan nyawa Anda dan janin. Kondisi ini, plasenta menempel di dinding rahim bagian bawah. Akibatnya, leher rahim yang merupakan jalan lahir pun akan tertutup.