Insomnia, bagaimana mengatasinya?

IN Info Penanya: IN, Wanita, 20 Tahun
Saya mau tanya dok,, bberapa hari ini saya sering gk bisa tidur dimalam hari,, trus kepala saya panas trus terasa berat tenggorokan agak sakit sama mual,,klo mlem bdan saya anget terasa lelah padahal saya beraktivitas seperti biasa,, kira2 itu kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, I

Terima kasih telah bertanya di SehatQ ya!

Baik, akan saya jelaskan perihal kondisi Anda.

Insomnia adalah kondisi dimana merasakan sulit tidur atau sulit memulai tidur atau Anda mudah terbangun di tengah malam.

Penyebab insomnia adalah:

  • Cemas
  • Stres
  • Efek samping obat
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Penataan suasana tidur

Jika mengalami insomnia maka akan merasakan kelelahan, tidak bergairah dalam menjalani hari-hari, menjadi tidak produktif dan mengantuk di siang hari.

Saran untuk Anda adalah:

  • Tidak menggunakan gadget sesaat sebelum tidur
  • Biasakan tidur pada jam yang sama setiap hari
  • Mematikan lampu ketika akan tidur
  • Atur suasana ruangan setenang mungkin
  • Hindari konsumsi kafein setidaknya 4-6 jam sebelum tidu
  • Hindari tidur siang
  • Olahraga teratur
  • Menjalani gaya hidup sehat seperti minum air putih 2L perhari, hindari makanan cepat saji
  • Matikan tv, radio dan benda lain yang dapat mengganggu tidur Anda
  • Melakukan pijat agar merelaksasi tubuh Anda yang pegal
  • Mengoleskan balsam atau penghangat lainnya pada tubuh agar tidak merasa pegal
  • Kelola stress Anda

Bila memang cara di atas tidak membantu, sebaiknya saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri dulu ke dokter sehingga dokter dapat menganjurkan obat untuk Anda yang tepat. Jangan meminum obat tanpa petunjuk dokter ya.

 

Salam sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab gangguan tidur adalah insomnia.

Kenali Penyebab Gangguan Tidur Seperti Insomia dan Cara Mengatasinya

Seperti yang diketahui, setiap orang tentu membutuhkan waktu tidur yang berkualitas selama 5-8 jam. Gangguan tidur dapat membuat Anda kurang konsentrasi saat berkendara, mengurangi daya ingat, menurunkan suasana hati, dan tentunya berdampak buruk pada pekerjaan atau produktivitas.