Apa penyebab bekas putih setelah kencing?

MB Info Penanya: MB, Pria, 2020 Tahun
saya punya anak usia 3 tahun 8 bulan, beberapa bulan lalu sempat merintih kesakitan saat kencing, saya putuskan untuk periksakan kedokter terdekat, setelah diperiksa ternyata inveksi saluran kencing. setelah mengkonsumsi obat dari dokter dan beberapa kali cekup, dokter menyatakan inveksinya sudah sembuh,, beberapa hari terakhir saya coba perhatikan bekas kencingnya yang telah kering meninggalkan bekas putih... itu apa penyebabnya dok? apa yang saya harus lakukan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore MB,

Adanya endapan putih setelah berkemih bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti infeksi saluran kemih, keadaan dehidrasi sehingga urin lebih pekat, kurang minum air putih, batu ginjal, serta diabetes.

Bila sebelumnya anak Anda pernah menderita infeksi saluran kemih, maka hal tersebut bisa saja terulang kembali selama anak Anda masih kurang minum, sering menahan kencing, atau belum dikhitan bagi anak laki-laki.

Sementara yang dapat Anda lakukan adalah :

  1. Usahakan rutin memberi minum air pada anak.
  2. Memberikan pengertian bahwa urin itu kotor dan harus segera dibuang, tidak boleh ditahan-tahan.
  3. Basuh kelamin dari arah depan ke belakang bagi anak perempuan, sedangkan untuk anak laki-laki perlu dikhitan untuk menjaga kebersihan kelaminnya.
  4. Hindari pemakaian celana yang terlalu ketat.

Bila keluhan berlanjut, ada baiknya Anda membawa anak Anda ke laboratorium untuk pemeriksaan urin, dan menunjukkan hasilnya ke dokter anak untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pielonefritis atau infeksi ginjal rentan dialami oleh perempuan karena saluran uretra yang lebih pendek sehingga bakteri mudah masuk

Pielonefritis, Infeksi Ginjal yang Membuat Buang Air Kecil Terasa Menyiksa

Pielonefritis adalah infeksi ginjal yang harus diwaspadai. Bila infeksi ginjal ini dibiarkan tanpa pengobatan, maka akan rentan menyebabkan komplikasi.