06 Sep 2021, 04:58Psikologi

Trauma psikologis pada anak

US
Info Penanya: US0
Pagi dok, saat ini anak saya (laki2 usia 14 th) dikeluarkan dari sekolah ny dgn kasus asusila ( berhubungan dgn teman laki2)nya meski tdk sampai masuk yaitu dgn meremas2 bag.vitalnya dan itupun temannya yg selalu memintanya dan dia menurutinya krna dianggap nya sahabat. Meski kerap kali anak saya menolaknya namun gagal krna tdk enak dgn sahabatnya itu. Kilas balik anak saya pernah dilecehkan juga sewaktu kelas 5 SD. Secra psikologis, anak saya mau jujur dan sikapnya agak sedikit berubah
73 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, UTerima kasih atas pertanyaan AndaAdanya riwayat tindakan traumatis atau kejadian yang tidak menyenangkan di masa lampau bisa berpengaruh terhadap kondisi psikologi seseorang. Post traumati stres dissoder atau sering disebut juga dengan istilah PTSD merupakan suatu kondisi gangguan psikologis seseorang yang disebabkan oleh adanya riwayat trauma di masa lampau. Trauma di masa lampau ini biasnaya berkaitan dnegan kondisi psikologisnya seperti korban bencana alam, kehilangan seseorang, korban pelecehan seksual atau kekerasan seksual, atau bahkan karena melihat sesuatu yang mengerikan atau tidak menyenangkan. 

Apakah anak saya mengalami masalah psikologis?

Terkait dengan apa yang terjadi pada anak Anda, adanya riwayat kejadian traumatis berupa tindakan asusila pada anak Anda bisa mempengaruhi kondisi psikologisnya saat ini. Untuk memastikan apakah Anak Anda mengalmai PTSD ataukah tidak, atau ada kondisi psikologis yang lain pada anak Anda, alangkah baiknya jika Anda melakukan konsultasi baik secara online dengan dokter spesialis jiwa, atau dengan memeriksakan secara langusng ke dokter spesialis jiwa terdekat di lokasi Anda.Tindakan yang bisa dilakukan saat ini adalah:
  • Usahakan anak tetap bisa berpikiran positif
  • Hindari menyendiri
  • Ajak anak Anda untuk melakukan hobinya
  • Berikan makanan sehat dan bergizi serta buah dan sayuran
  • Lakukan olahraga rutin agar tubuh tetap sehat
  • Biasakan anak untuk bercerita saat sedang bersedih atau ada masalah
Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A 
post traumatic stress disorder (PTSD)ptsdgangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil