Nyeri kepala dan mual, apa penyebabnya?

LS Info Penanya: LS, Pria, 26 Tahun
Dok, saya sakit kepala, meriang, pusing, mual-mual, dan sering bangat sakit kepala bagian belakang, meriangnya kalo di ruangan ber_Ac. Gejala penyakit apa dok dan bagaimana cara penyembuhannya.?? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LSN.

Nyeri kepala adalah sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada kepala. Sensasi dapat seperti ditekan, diremas, ditusuk, dan lain-lain. Derajat nyeri bisa ringan sampai berat, bisa terus-menerus ataupun menghilang. Biasanya, nyeri kepala bisa disertai dengan gejala lain, seperti demam, mual, muntah, dan sebagainya.

Terkait nyeri kepala dan mual yang Anda rasakan, berikut kemungkinan penyebabnya:

  • Sindrom dispepsia 
  • Gastroenteritis
  • Anemia (kekurangan sel darah merah)
  • Hipotensi (tekanan darah rendah)
  • Demam tifoid

Untuk sementara, Anda dapat mencoba untuk makan secara teratur dengan porsi kecil. Hindari makanan pedas dan berminyak, dan disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lunak-lunak seperti bubur atau nasi tim. Perbanyak minum air putih, ya. Satu lagi, jangan lupa mengukur suhu tubuh Anda, jika di atas 38 derajat celcius, kompres hangat ketiak dan kening Anda.

Apabila gejala tidak mereda dalam tiga hari, atau disertai tanda bahaya seperti lemas, tidak bisa bangun dari tempat tidur, dan demam tinggi, sebaiknya segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan, misalnya laboratorium, dan menentukan penyebabnya. Kemudian, dokter akan memberikan penanganan yang tepat.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu pemicu kulit kering adalah akibat kurang minum air putih

Tak Hanya Dehidrasi, Ini Komplikasi Akibat Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih tak hanya menyebabkan dehidrasi saja. Sistem vital dalam tubuh bisa tidak berfungsi sebagaimana mestinya akibat kurang minum air putih.