16 Jan 2021, 19:50Penyakit Lainnya

Apa interpretasi dari pemeriksaan laboratorium hormon tiroid ?

ED
Info Penanya: ED0
Dok saya mengalami gangguan pada leher dan baru menjalani tes lab. Hasil nya menunjukkan Hormon thyroid T3: 0,70 T4: 38 TSHs: 0,3 Bagaimana cara menghilangi benjolan yang ada di leher saya dok dan obat apa yang harus saya minum dok.. Terima kasih doker
246 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, E.Benjolan dapat terjadi di seluruh tubuh, dimana benjolan bisa membesar, menetap, bertambah banyak, menimbulkan rasa nyeri, bahkan tidak bergejala. Salah satu benjolan yang ada antara lain benjolan akibat kelenjar gondok, dapat berupa kelebihan hormon tiroid, aatu kekurangan hormon tiroid. 

Apa interpretasi dari pemeriksaan laboratorium hormon tiroid ?

Salah satu pemeriksaan hormon tiroid adalah dengan pemeriksaan labotarium kadar T3, T4, dan TSHs. Pemeriksaan harus diawali dengan anamnesa pasien seperti ada riwayat benjolan di leher, rasa gemetar pada tangan, detak jantung yang meningkat, sensitif terhadap panas, nafsu makan meningkat tetapi berat badan terus turun, dan nafas terasa lebih cepat. Interpretasi dari pemeriksaan laboratorium hormon tiroid normal adalah sebagai berikut :
  • FreeT3 260-480 pg/dl
  • T3 total 80-180 ng/dl
  • FreeT4 0,7-1,9 ng/dl
  • T4 total 4,6 - 12 ug/dl
  • TSH 0,3 - 5,0 U/ml
Hasil pemeriksaan yang Anda berikan belum bisa menggambarkan apakah Anda mengalami kelebihan atau kekurangan hormon tiroid karena pemeriksaan yang Anda berikan tidak disertai keterangan apakah pemeriksaan FreeT3 atau FreeT4, apakah pemeriksaan T3 dan T4 total dengan satuan hasilnya. Namun dari hasil pemeriksaan TSHs Anda merupakan hasil yang normal yaitu 0,3 U/ml.Untuk itu, cara mengatasi benjolan yang ada di leher Anda, dengan mengatasi penyebab yang ada. Anda dapat berkonsultasi lebih jauh dengan dokter yang melakukan pemeriksaan hormon tiroid Anda atau dokter spesialis penyakit dalam. Begitu pula dengan konsumsi obat. Anda perlu menerapkan pola hidup yang sehat, olahraga yang teratur, makan makanan gizi seimbang agar hormon di tubuh Anda termasuk hormon tiroid menjadi stabil. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kelenjar tiroidhipertiroidisme
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil