05 Aug 2020, 21:20Pernapasan

Batuk, pilek, sesak napas, demam, apa solusinya?

AN
Info Penanya: AN, Pria, 24 Tahun
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu dok, Sy batuk, pilek, sesak nafas. Kadang demam kadang nggak.... Dan kalau batuk sampai berjam-jam, dan tidur pun terganggu, Sy udh batuk plik itu udh mau 3 Minggu. Kira² Oba yg tepat apa yahh?
4640 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, AN.Batuk, pilek, sesak, dan demam, adalah kumpulan gejala yang terjadi apabila seseorang mengalami infeksi saluran pernapasan. Infeksi tersebut bisa disebabkan oleh virus influenza, virus corona, bakteri TBC, bakteri Streptococcus, ataupun jenis virus dan bakteri lainnya. Infeksi dapat terjadi secara akut maupun kronis.Infeksi tersebut bisa terjadi di saluran napas bagian mana saja, misalnya:
  • Amandel (tonsilitis)
  • Tenggorokan (faringitis)
  • Bronkus (bronkhitis)
  • Alveolus (pneumonia)
  • Bronkus dan alveolus sekaligus (bronkopneumonia)
Terkait pengobatan, hal ini sangat bergantung dengan jenis virus atau bakterinya, lamanya, serta lokasi infeksinya. Oleh karena itu, sebelum ditentukan obat yang tepat, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis paru. Nantinya, akan dilakukan tanya jawab terkait kondisi Anda, lalu pemeriksaan fisik dan penunjang, misalnya rontgen dada, spirometri, kultur dahak, ataupun laboratorium sputum. Setelah dapat dipastikan penyebabnya, barulah dapat diberikan obat-obatan yang sesuai.Tetapi, untuk meringankan gejala, Anda dapat mengonsumsi obat alami seperti air rebusan jahe murni. Kemudian, hindari makanan asam, pedas, dan berminyak. Hindari juga asap, debu, dan polusi, ya. Apabila ada alergi seperti bulu binatang atau serbuk bunga, sebaiknya dijauhi juga.  Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran pernapasanpenyakit pernapasangangguan pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil