Tulang bengkok akibat patah tulang

SU Info Penanya: SU
slt pagi pak Dokter anak saya disaat patah tulang umur 2 sengah tahun dan skrg umur 3 setengah tahun dan saat ini posisi tulangnya bengkok apakah bisa diperbaiki pak Dokter?solusinnya apa?dan apakah harus digip lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang B,

Patah tulang adalah kondisi yang bisa terjadi akibat benturan, terjatuh, efek penyakit tertentu ataupun penyebab lain yang menyebabkan diskontionuitas jaringan tulang. Jenis patah tulang sendiri ada beragam tergantung dari letak dan tulang yang patah serta keadaan patah tulangnya.

Pengobatan patah tulang sendiri dengan beberapa cara seperi operasi, dipasangkan gips, splint atau brace untuk memfiksasi tulang ataupun tindakan lain. Kemungkinan sembuh ketika terjadi patang tulang sendiri jika tidak ditangani dengan tepat ada beberapa seperti:

  • Tulang kembali menyambung dan tumbuh baik
  • Tulang kembali menyambung tetapi bengkok
  • Tulang tidak menyambung sama sekali

Apabila pada saat awal patah tulang tidak dilakukan penanganan atau dilakukan penanganan secara alternatif maka bisa terjadi beberapa kemungkinan seperti yang disebutkan. Apabila saat ini tampak lebih bengkok ataupun terjadi penurunan fungsi dan kekuatan maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis ortopedi.

Oleh dokter akan dilakukan sejumlah pemeriksaan baik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti foto rontgen ataupun pemindaian lain jika diperlukan. Apabila bengkok cukup ekstrim dan bisa mengganggu pertumbuhan dan fungsinya maka bisa kembali dilakukan operasi untuk memperbaiki bentuk dan juga kondisi tulang.

Untuk itu sebaiknya apabila mengalami patah tulang terutama di usia anak maupun dewasa bisa memeriksakan diri dulu ke dokter spesialis ortopedi agar penangannya tepat dan terhindar dari komplikasi yang bisa timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi tulang hasta tidak hanya membentuk lengan bagian bahwa, tetapi juga membantu pergerakan dari pergelangan tangan

Fungsi Tulang Lengan Bawah Atau Tulang Hasta yang Bantu Anda Bebas Bergerak

Tulang hasta dikenal sebagai salah satu tulang lengan bawah. Namun, fungsi tulang hasta tidak hanya membentuk lengan bawah saja, tetapi juga membuat Anda mampu melakukan aktivitas, seperti menulis, melempar barang, dan sebagainya.