06 Nov 2020, 16:51Mata

Ada selaput di mata apa bisa sembuh?

RM
Info Penanya: RM0
dok mata sebelah kiri saya rupa ada selaput begitu.pas saya pergi ke dokter.dokternya bilang sih saraf saya sudah mengecil dan tidak akang kembali seperti semula.apa masih ada jalan untuk sembuh mata saya dok?
387 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi RM,Mata adalah salah satu organ yang cukup vital karena berfungsi sebagai indera penglihatan. Namun organ mata ini juga bisa mengalami berbagai masalah seperti mata merah, mata kering, glaukoma hingga gangguan berbahaya lainnya yang dapat mengakibatkan kebutaan.Adanya selaput pada mata seringkali berkaitan dengan adanya pterygium. Selaput ini berbentuk seperti segitiga dari sudut mata ke bagian tengah bola mata. Sebenarnya selaput mata ini tidak berbahaya dan tidak akan mengganggu penglihatan meski sampai menutupi bagian tengah bola mata, namun selaput ini seringkali akan menimbulkan keluhan mata terasa gatal, kering.

Penyebab pterygium:

  • Paparan debu secara terus menerus misal sering kena angin.
  • Kebiasaan menatap HP atau laptop dalam waktu lama akan menyebabkan bola mata kering dan mudah mengalami iritasi.
  • Kebiasaan pemakaian softlens.
Bila yang Anda alami adalah pterygium maka selaput tersebut semakin lama akan semakin melebar, obat-obat tetes mata hanya meredakan keluhan gatalnya saja. Namun bila keluhan matanya sangat mengganggu maka selaput tersebut bisa dibuang dengan cara melakukan operasi mata.Perihal saraf mata Anda yang sudah mengecil sebaiknya dipastikan lebih lanjut ke dokter mata karena saraf mata hanya bisa dilihat menggunakan alat khusus slit lamp yang ada di dokter mata karena letaknya di dalam bola mata. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter mata untuk memastikan gangguan mata Anda.Salam sehat,dr. Vina
mata keringmata malas
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil