Gatal selangkangan yang melebar, bagaimana mengatasinya?

DS Info Penanya: DS, Pria, 24 Tahun
Cara mengatasi gatel selangkangan yang sudah melebar ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DS.

Gatal selangkangan (jock itch) adalah gangguan pada kulit selangkangan yang dapat terjadi karena iritasi, alergi, serta infeksi. Umumnya selangkangan menjadi rentan karena berada pada posisi lipatan kulit yang sering mangalami gesekan dan lebih cenderung lembap.

Kendati dapat terjadi karena 3 faktor diatas, namun gatal pada selangkangan ini paling sering dialami karena infeksi jamur. Infeksi tersebut dikenal dalam bahasa medis dengan tinea cruris. Keadaan infeksi jamur tersebut pada dasarnya tidak berbahaya, tetapi pada keadaan lembap, jamur dapat berkembang dengan cepat dan menyebar ke paha bagian dalam serta bokong. Tinea cruris juga dapat menular, baik pada bagian tubuh lainnya pada seorang tubuh individu, maupun kepada incividu lain dengan pemakaian barang bersamaan seperti handuk dan baju.

Terkait keluhan gatal selangkangan Anda yang sudah melebar, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis Kulit secara langsung. Umumnya jika masih ringan gatal selangkangan karena infeksi jamur dapat diatasi dengan salep anti jamur, selama satu sampai 2 minggu. Namun bila sudah lebih parah, dokter mungkin akan memberikan anti jamur oral bersamaan obat topikal dengan kompisisi obat tertentu yang telah disesuaikan.

Untuk sementara Anda dapat membantu mencegah perburukan keluhan dengan mengganti pakaian dalam lebih sering dan tidak membiarkannya dalam keadaan basah agar terhindar dari keadaan lembap yang berlebih.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bawang dayak berbentuk seperti bawang merah

Khasiat Bawang Dayak untuk Kesehatan Menurut Penelitian

Manfaat dan khasiat bawang dayak, menurut berbagai penelitian, meliputi antimikroba untuk kulit, efek antiaging atau mencegah penuaan dini, menurunkan kadar kolesterol, hingga penurun gula darah.