Sakit tenggorokan belum juga sembuh setelah berobat, karena apa ?

YM Info Penanya: YM, Pria, 47 Tahun
Dok mo tanya sdh hampir 5 hr ini sy merasakan nyeri di tenggorokan Saya sdh melakukan pemeriksaan ke dokter umum dan diberi obat mefinal dan lameson4, mengkonsumsi digirol dan sy juga sdh melakukan terapi kumur air garam tetapi rasa sakit masih sering muncul knp y Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YM.

Sakit tenggorokan adalah keadaan nyeri pada daerah tenggorokan yang biasanya terjadi karena radang dan infeksi. Umumnya, sakit tenggorokan yang kerap terjadi disebabkan oleh keadaan yang ringan dan dapat membaik dengan sendirinya. Namun demikian ada pula faktor penyebab sakit tenggorokan yang lebih serius seperti keganasan.

Adapun berbagai penyebab dari sakit tenggorokan secara spesifik, antara lainnya ialah :

  • infeksi virus
  • infeksi bakteri
  • iritasi karena kebiasaan merokok, konsumsi alkohol dan makan makanan pedas
  • alergi
  • udara kering
  • ketegangan otot
  • penyakit refluks asam lambung (GERD)
  • keganasan 
  • HIV

Mengenai keluhan yang Anda alami, perlu ditelaah lebih dahulu sudah berapa lama Anda berobat dan apakah konsumsi obat sudah sesuai, baik cara penggunaan dan dosisnya. Hal tersebut dapat berpengaruh pada seberapa adekuat terapi yang telah Anda jalani dan apakah sudah cukup untuk mengobati kondisi penyebabnya ataukah hanya meredakan gejalanya saja. Bisa jadi penyebab dari sakit tenggorokan yang mendasari belum tertangani seluruhnya, sehingga keluhan sakit masih menetap.

Ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis THT secara langsung untuk lebih memastikan diagnosis dan penyebab dari keluhan Anda saat ini. Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe yang diberi perasan lemon dan sedikit madu murni untuk membantu meredakan sakit tenggorokan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak tengkak bengkak merupakan sinyal masalah kesehatan pada tubuh

Anak Tekak Bengkak, Sinyal Tubuh Saat Ada yang Tidak Beres

Anak tekak merupakan sebutan untuk katup pengatur lalu lintas makanan dan udara yang terletak di pangkal mulut. Bentuknya seperti daging kecil dengan warna kemerahan. Keluhan yang paling sering muncul adalah anak tekak bengkak atau uvulitis. Ketika ini terjadi, artinya terjadi peradangan yang terkadang hanya terjadi sementara.