Sering sendawa dan sakit ulu hati, bagaimana mengatasinya?

MO Info Penanya: MO, Pria, 25 Tahun
AsalamualaikumSaya mau tanya, saya sering mengalami sendawa, mual-mual bahkan muntah terus punggung nyeri, sakit ulu hati dan terkadang sesak. Mohon pencerahan dok, itu gejala apa ya, dan bagaimana cara mengatasinya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MOP,

Sakit ulu hati adalah keluhan yang bisa dirasakan akibat gangguan di saluran pencernaan, gangguan organ hati, gangguan organ pankreas, gangguan jantung ataupun gangguan pernapasan.

Apabila disebabkan oleh gangguan pencernaan, dapat disertai beberapa gejala seperti mual, muntah, kembung, ataupun rasa terbakar di dada yang bisa menimbulkan sesak. Tidak jarang yang menjadi pemicunya adalah sakit maag atau peningkatan asam lambung yang dapat dipicu kebiasaan sehari-hari, seperti pola makan yang tidak baik ataupun karena mengonsumsi makanan yang mengiritasi lambung.

Untuk bisa mengatasi nyeri ulu hati dan keluhan lain yang timbul dapat dilakukan beberapa upaya seperti:

  • Merubah pola keseharian terutama pola makan menjadi pola makan sering dan teratur, bisa makan 3-4 kali sehari dengan porsi kecil diselingi mengemil makanan yang sehat seperti buah misalnya
  • Menghindari makanan dan minuman yang bisa mengiritasi lambung seperti makanan pedas, asam, bersantan, minuman berkafein seperti soda, kopi, cokelat ataupun teh terutama teh hitam
  • Kelola kondisi psikis agar terhindar dari stres ataupun cemas berlebih
  • Olahraga rutin 
  • Perbanyak minum air putih ataupun bisa konsumsi madu dan jahe hangat untuk membuat perut lebih nyaman dan mengurangi mual
  • Kompres di bagian ulu hati menggunakan botol hangat ataupun penghangat

Apabila keluhan tidak juga membaik, bisa mengonsumsi obat maag seperti antasida sebelum makan. Jika disertai nyeri hebat, muntah lebih sering, demam, keringat dingin, ataupun sampai pingsan maka perlu dilakukan penanganan di fasilitas kesehatan.

Periksakan juga pada dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan sering kambuh, dimana nantinya akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut salah satunya pemeriksaan endoskopi untuk melihat ada tidaknya luka atau tukak di lapisan dinding lambung dan dinding usus. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kontaminasi bakteri pada makanan atau minuman bisa menyebabkan diare pada anak

Cara Pencegahan Diare pada Anak Serta Perawatannya yang Paling Tepat

Diare berada di urutan ketiga yang menyebabkan kematian pada anak setelah tuberkulosis dan penyakit hati. Karena itu, perlu dilakukan cara pencegahan diare pada anak sesegera mungkin agar Si Kecil bisa terhindar dari kondisi ini.