28 Jun 2021, 15:49Kandungan

Haid terakhir februari, Berapa perkiraan usia kehamilan?

JP
Info Penanya: JP0
Dok saya terakhir mens pada bulan februari dan berhubungan pada 19 maret,setelah itu saya tidak mengalami mens lagi,dan setelah test hasilnya positif,jadi saya ingin bertanya berapakah kemungkinan usia kandungan saya, terima kasih.
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, JP                  Terima kasih atas pertanyaannya.Usia kehamilan dapat diperkirakan dengan menggunakan perhitungan dari hari pertama haid terakhir (HPHT) juga dapat dilihat saat USG.  Setiap ibu hamil perlu mengetahui usia kehamilannya agar dapat memperkirakan waktu untuk USG, sebagai perkiraan hari lahir, juga evaluasi saat terjadi keluhan mendadak. Terkait yang anda tanyakan, karena tidak tercantum kapan hari pertama haid terakhir anda maka digunakan rentang perkiraan.   Bila bulan februari terakhir haid, perkiraan rentang usia kehamilan kira-kira masuk usia 16-20 minggu.  Pada kehamilan memasuki trimester kedua ini gejala seperti mual, muntah biasanya sudah mulai berkurang dan mulai timbul keluhan seperti punggung nyeri, kram perut dibagian bawah, buang air kecil lebih sering.   

Beberapa cara menjaga kehamilan trimester kedua :

  • Perbanyak air putih.
  • Minum vitamin hamil.
  • Batasi aktivitas yang sekiranya terlalu berat.
  • Jaga asupan makan sehat dan bergizi.
  • Hindari begadang, stres, dan cemas.
  • Lakukan senam atau ikut kelas yoga khusus kehamilan.
  • Rutin periksa kehamilan sesuai anjuran.
Lakukan pemeriksaan USG dengan dokter spesialis kandungan ketika memasuki usia kehamilan lebih dari 18 minggu untuk pemeriksaan perkiraan jenis kelamin janin serta evaluasi perkembangan janin dan kesehatan ibu. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
menjaga kehamilankehamilanpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil