12 Sep 2021, 15:15Kandungan

Telat suntik 2 bulan, apakah hamil?

P3
Info Penanya: P30
Halo dok....saya suntik KB 3 bulan udah 2 kali suntik...tpi sekarang udh 2 bulan saya tidak suntik apakah saya hamil???
84 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, PTerima kasih atas pertanyaannya.Suntik KB gunanya sebagai kontrapsi pencegah kehamilan yang dilakukan dengan menyuntikkan hormon agar hormon tersebut bekerja di tubuh.  Suntik KB ini memiliki kerja hingga 99% dalam mencegah kehamilan dengan catatan penggunaannya sesuai aturan.  

Yang perlu diketahui oleh penggunan KB suntik :

  • Salah satu efek samping KB suntik paling sering dari suntik adalah menganggu siklus haid, jadi nantinya haid bisa sedikit, banyak atau bahkan tidak haid sama sekali. 
  • Usahakan tidak telat dalam suntik agar kerja KB tetap optimal karena jika sering telat dapat menurunkan kerja dan meningkatkan potensi kehamilan. 
  • Sesaat setelah suntik, 7 hari pertama sebaiknya tunda aktivitas seksual atau pakai kondom dulu agar KB bekerja dengan baik. 
Penggunaan KB tidak sesuai jadwal yang sudah ditentukan maka rahim sudah tidak ada perlindungan sehingga ketika terjadi hubungan intim maka dapat terjadi kehamilan.  Jadi jika yang anda maksud dari sudah 2 bulan tidak suntik dalam arti lewat 2 bulan dari jadwal suntik lalu sudah hubungan intim dalam periode ini maka bisa terjadi kehamilan, lakukan testpack saat telat haid dan sesegera mungkin suntik KB ulang setelah testpack dinyatakan negatif.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidkehamilantes kehamilanpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil