29 Aug 2020, 01:04Kandungan

Tidak menggunakan suntik KB apakah bisa hamil?

T
Info Penanya: T0
Dok saya mau tanya, udah 9bulan saya tdk suntik KB, dan saya berhubungan sama suami kemarin tgl 19,saya harusnya akhir bulqn ini datang bulan tapi sekarang ko belum datang bulan yah. Apakah saya hamil. Terimakasih?
3438 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat sore T,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Suntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang berfungsi untuk menunda kehamilan. Suntik KB sering dipilih karena metodenya yang cukup praktis karena ada pilihan suntik KB 1 bulan dan 3 bulan. Suntik KB mengandung hormonal yang berfungsi untuk mengentalkan lendir di bagian servik dan menipiskan dinding rahim.Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, bisa saja Anda mengalami hamil, karena sudah tidak menggunakan KB selama 9 bulan. Beberapa tanda kehamilan yang mungkin saja timbul :
  • Terlambat menstruasi
  • Sering merasa lelah
  • Sering ingin buang air kecil
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun
  • Gangguan mood
Saran saya, sebaiknya lakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikannya. Jika hasil positif kemungkinan besar Anda sedang hamil. Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan setelah 1 minggu untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti USG. Selalu jaga kesehatan Anda dengan makan makanan gizi seimbang perbanyak sayur dan buah, cukupi kebutuhan air putih setiap harinya minimal 2 liter / hari, istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari, hindari stres dan aktivitas yang terlalu berat.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil