Telat haid pasca penggunaan KB suntik namun test pack negatif

AE Info Penanya: AE, Pria, 23 Tahun
assalamualaikum dok mau tanya saya kan ikut kb awal kb itu saya pke yg suntik 3 bulan tpi ktanya tdak cocok mkanya di ganti sama suntik 1 blan trakhir suntik pas juni tgl 22 juli saya sdah tdak suntik biasanya klau brhenti haid tggl 22 pasti tggl 22 jga saya haid tapi bulan agustus kmarin tdak haid dok trus saya coba tes hasilnya negatif dan ini sdah tlat 2 minggu mohon penjelasannya dok...terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AE.

KB suntik ialah salah satu bentuk kontrasepsi hormonal dengan metode pemberian melalui suntikan. Periode penyuntikannya terbagi menjadi dua waktu, yakni 1 bulan dan 3 bulan. Tingkat keberhasilan KB suntik tidak kalah dengan jenis KB hormonal lainnya namun KB suntik juga memiliki efek samping yang hampir serupa.

Berikut berbagai efek sampingnya yang meliputi  :

  • keadaan haid tidak teratu hingga berhenti sama sekali
  • kenaikan berat badan yang tidak terkendali
  • munculnya berbagai gejala berupa nyeri payudara, nyeri kepala, kembung hingga gangguan mood 
  • memicu penurunan kepadatan tulang saat penggunaannya
  • tidak memberikan efek proteksi terhadap penyakit menular seksual
  • dapat membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali subur setelah berhenti

Mengenai kadaan telat haid Anda, dapat merupakan salah satu efek samping yang paling sering terjadi pada penggunaan KB suntik. Hal tersebut banyak dialami oleh pengguna KB suntik dan umumnya tidak berbahaya. Namun demikian apabila Anda masih khawatir, test pack dapat dilakukan kembali satu minggu setelah test pack yang pertama dilakukan agar lebih akurat.

Untuk sementara, apabila belum diputuskan untuk menggunakan jenis KB lainnya, ada baiknya menggunakan alat kontrasepsi sementara seperti kondom ketika hendak berhubungan. Jika test pack masih negatif dan haid tidak kunjung datang hingga 2 bulan lamanya, ada baiknya berkonsultasi secara langsung pada dokter Kandungan, berikut diskusi tentang jenis KB yang terbaik untuk Anda.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanda-tanda hamil kosong

Kenali Tanda-tanda Hamil Kosong yang Pernah Dialami Sandra Dewi

Hamil kosong terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi tidak membelah dan membentuk embrio. Kondisi ini disebabkan oleh kelainan kromosom, yang terjadi saat pembuahan sel telur.