Test pack positif tetapi USG tidak ada apa-apa, apa penyebabnya ?

NS Info Penanya: NS
Dok saya trakhir mens tgl 15 agustus,sekitar tgl 28 agustus saya pusing mual terus ..trus saya tespek hasilny pisitif udah 7 kli saya sespek brp hri brturut" dgn merk tespek yg berbeda hslny sm..tp tgl 31 agustus saya kluar darah saya k dr kandungan usg..di rahim saya tidak ada apa". Tp semenjak itu sudah 4 hari ..saya ska ngeflek .kadang sehari sekali..itu knpa ya dok..saya tespek msh garis 2..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NS.

Pemeriksaan test pack yang positif mengindikasikan adanya peningkatan hormon kehamilan (hCG) secara signifikan. Hal tersebut dapat menandakan terjadinya proses tertentu pada alat reproduksi Anda, salah satu yang normal terjadi adalah kehamilan. Namun demikian, selain keadaan yang normal, dapat pula tejadi kondisi yang abnormal seperti gangguan kehamilan yang berupa kehamilan ektopik, kehamilan anggur atau bahkan keguguran. Pada kondisi-kondisi tersebut hCG dapat pula meningkat layakanya yang terjadi pada kehamilan normal pada umumnya.

Perihal pemeriksaan test pack yang positif pada Anda, tetapi mengalami perdarahan, dapat diakibatkan oleh kehamilan yang gugur pada usia yang masih sangat dini, atau dikenal juga dengan istilah kehamilan kimiawi, yang hanya terdeteksi oleh testpack. Keadaan tersebut berkaitan pula dengan hasil pemeriksaan USG yang tidak menunjukan apa-apa atau tidak adanya gambaran kantong kehamilan ataupun gambaran perkembangan rahim yang umumnya akan dapat terlihat pada usia kehamilan sekitar lima atau enam minggu. Kondisi tersebut terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi oleh sperma atau bakal janin, tidak dapat melakukan implantasi atau menempel pada dinding rahim dengan baik, sehingga tidak terjadi perkembangan kehamilan. 

Apabila benar telah terjadi gangguan kehamilan seperti yang telah dipaparkan diatas, maka test pack masih dapat memberikan hasil yang positif selama kurang lebih empat hingga enam minggu kedepan. Akan tetapi untuk memastikan keadaan Anda, diperlukan pemeriksaan lanjutan. Ada baiknya untuk kontrol kembali pada dokter Kandungan Anda, agar diberikan penanganan lanjutan bagi perdarahan yang Anda alami serta dilakukan USG ulang.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia ringan dapat memengaruhi tekanan darah ibu hamil

Gejala Preeklampsia Ringan dan Cara Menanganinya

Preeklampsia ringan diketahui lewat pemeriksaan tekanan darah dan urine saat pemeriksaan kehamilan rutin. Berikut adalah gejala dan cara menangani masalah preeklampsia ringan yang perlu diketahui ibu hamil.