sesak napas apakah gejala penyakit jantung

DB Info Penanya: DB, Pria, 40 Tahun
Selamt sore dok. Saya slalu merasakan sesak nafas mendadak baru baru ini, apakah itu gejala jantung apa gimana dok dan kalau penyajit jantung seperti apa ya dok??? Trimksh sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DB.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sesak napas merupakan keadaan saat tubuh kekurangan suplai udara di paru-paru sehingga menimbulkan sensasi tidak nyaman. Sesak napas ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang umumnya diidentikan dengan organ pernapasan yaitu paru-paru dan organ sirkulasi darah yaitu jantung. Namun masih terdapat beberapa kemungkinan faktor penyebab lainnya yang dapat menimbulkan sesak napas, seperti gangguan pada saluran pencernaan, gangguan pada otot dan struktur tulang rusuk di sekitar dada dan lain-lainnya seperti tekanan darah rendah, anemia, obesitas hingga gangguan psikologis.

Terkait dengan pertanyaan Anda, penyakit jantung sendiri dapat bermacam-macam, yakni serangan jantung, gagal jantung, gangguan jantung dan pembuluh darah seperti angina, infeksi katup jantung, gangguan irama jantung dan lain-lainnya.

Secara umum, gejala gangguan pada jantung dapat meliputi :

  • nyeri dada khususnya dada kiri yang dapat menjalar pada tangan, rahang dan punggu sebelah kiri
  • sesak napas
  • napas pendek
  • batuk-batuk
  • detak jantung yang meningkat atau melemah
  • rasa dingin di tangan dan kaki
  • pingsan

Untuk memastikan gejala yang Anda mengarah pada penyakit jantung atau bukan, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut secara langsung oleh dokter. Setelah itu dokter mungkin akan menyarankan prosedur pemeriksaan penunjang seperti rekam jantung atau rontgen dada untuk lebih dalam melihat letak kelainannya.

Untuk sementara, Anda dapat mencoba melakukan beberapa tips pada artikel "cara mengatasi sesak napas yang cepat dan alami" berikut ini.

Namun, apabila keluhan sesak dirasakan memberat, segeralah mencari pertolongan medis darurat.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jantung berdebar kencang dapat muncul saat panik, cemas, atau stres.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang agar Anda Kembali Tenang

Jantung berdebar kencang dapat terjadi karena panik, cemas, stres, anemia, tekanan darah rendah, atau menggunakan obat. Lakukanlah relaksasi seperti yoga atau meditasi, dan hindari penggunaan obat-obatan dan minuman yang mengandung kafein agar jantung dapat kembali normal.