Berapa ureum, kreatinin dan asam urat yang normal?

PG Info Penanya: PG, Pria, 29 Tahun
Selamat pagi Dokter.Apa saran dokter mengenai nilai Ureum, Kreatinin, dan Asam Urat agar kembali normal? Beberapa waktu lalu saya melakukan Medical Check Up, sebagian besar normal, hanya bagian fungsi ginjal yang tidak normal. Berikut adalah hasil tes lab fungsi ginjal saya :Ureum : 42 mg/dl (nilai rujukan : 10-44 mg/dl) Kreatinin : 1.51 mg/dl (nilai rujukan : 0.6 - 1.4 mg/dl) Asam urat : 2.83 (nilai rujukan : 3.4-7 mg/dl). Mohon jawaban dan pencerahan dari dokter. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi GB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Ureum adalah tes yang mengukur zat sisa dari metabolisme protein yang seharusnya dibuang oleh ginjal. Kreatinin merupakan zat sisa hasil pemecahan otot yang akan dibuang melalui ginjal. Peningkatan kadar ureum dan kreatinin menandakan adanya gangguan pada ginjal. Dilihat dari hasil lab yang Anda lakukan, nilai ureum Anda masih normal dan kreatinin yang sedikit meningkat.

Penyebab dari kreatinin yang meningkat bisa karena hipertensi, diabetes, infeksi ginjal, dehidrasi, dll. Yang bisa Anda lakukan agar kreatinin tidak bertambah meningkat adalah dengan cara jangan melakukan olahraga yang berat yang meningkatkan pembentukan otot, kurangi asupan protein, perbanyak minum air dan serat.

Asam urat yang rendah biasanya disebabkan oleh idiopatik (tidak disebabkan penyebab yang jelas) sehingga tidak memerlukan pengobatan. Jika Anda ingin mengembalikan kadar asam urat menjadi normal, sebaiknya Anda dapat memperbanyak asupan makanan yang kaya akan purin seperti makanan laut, telur, daging dan sayuran hijau. Namun jika penyebab asam urat ini akibat kondisi seperti hipertiroidisme sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dialisis atau cuci darah adalah prosedur yang dilakukan untuk membuang limbah berbahaya dalam tubuh

Kapan Harus Menjalankan Prosedur Dialisis pada Pasien Penyakit Ginjal Kronis?

Sebelum melakukan prosedur dialisis atau cuci darah pada pasien stadium akhir penyakit ginjal kronis, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan menurut dokter penyakit dalam. Apa saja?