Kenapa haid keluar gumpalan-gumpalan darah?

F Info Penanya: F
Siang dokSaya mau tanya akhir" ini istri saya haid tpi tidak sprti biasa nya dok..Biasa nya hari pertama langsung banjir kekuar darah haid nyaTapi sekarangPerut nya sangat sakit tapi darah nya tidak ada keluar ,pas lagi buang air kecil keluar gumpalan gumpalan darah??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang F,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Setiap perempuan memiliki durasi dan jumlah darah menstruasi yang berbeda-beda, tergantung pada usia dan hormon. Banyak perempuan mengeluhkan gangguan menstruasi. Misalnya darah mentruasi yang keluar terlalu sedikit, sangat banyak atau menstruasi yang terjadi lebih singkat atau lebih lama dari kondisi normal. Gumpalan haid bisa di sebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya :

  1. Ketidakseimbangan hormon
    Ketidakseimbangan hormon esterogen dan progesteron akan menyebabkan perdarahan menstruasi yang tidak wajar, bisa darah yang keluar berlebihan, bisa keluar gumpalan atau lebih sedikit.
  2. Mioma
    Merupakan suatu kondisi tumor non kanker yang tumbuh di dinding rahim. Kondisi ini dapat meyebabkan menstruasi yang lebih banyak dan meningkatkan risiko haid yang menggumpal.
  3. Endometriosis
    Merupakan kondisi dimana endometrium tumbuh diluar rahim.
  4. Keguguran
    Di awal kehamilan jaringan darah yang keluar bisa keluar seperti gumpalan
  5. Kanker
    Kanker rahim dan kanker serviks dapat di tandai dengan perdarahan yang disertai gumpalan. Perdarahan bisa terjadi di luar menstruasi atau setelah berhubungan seksual.

Tetap jaga kondisi kesehatan Anda dengan konsumsi makanan yang bergizi, cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari, istirahat yang cukup dan lakukan olahraga ringan namun teratur. Jika Anda mencurigai perdarahan dan gumpalan yang terjadi tidak normal, sebaiknya segera konsultasikan lebih lanjut ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Miom atau mioma adalah penyakit rahim berupa tumor jinak yang akan mengakibatkan wanita sulit hamil

Ciri-ciri Penyakit Miom Tak Hanya pada Gangguan Siklus Haid

Miom adalah penyakit yang menyebabkan sulit hamil hingga keguguran pada wanita. Gangguan siklus haid memang menjadi ciri-ciri penyakit miom, tapi gejalanya tidak hanya itu. Jangan sampai salah mengenali gejalanya agar bisa dideteksi dengan tepat.