Buah zakar turun dan agak besar sebelah

A Info Penanya: A, Pria, 1 Tahun
Selamat sore dok,sya mau bertanya kenapa buah zakar sebelah kiri sya agak turun serta agak besar dan disertai nyeri pda perut bagian bawa sebela kiri serta bua zakarnya..Mohon pencerahanya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Testis yang turun dan testis bengkak sebelah adalah keluhan yang bisa terjadi disebabkan oleh beberapa kemungkinan penyebab. Tidak jarang keluhan tidak disertai rasa nyeri ataupun bisa juga timbul nyeri mendadak. Beberapa kemungkinan penyebabnya diantaranya adalah:

  • Penumpukan cairan di kantung buah zakar atau disebut hidrokel
  • Adanya pelebaran pembuluh darah di area testis atau disebut varikokel
  • Adanya hernia
  • Infeksi pada area testis seperti orchitis atau epididimitis
  • Adanya benturan pada area testis

Buah zakar besar sebelah

Buah zakar sendiri normalnya memang bisa lebih besar sebelah, tetapi jika perbedaannya tampak mencolok dan juga disertai keluhan lain seperti nyeri perut, nyeri saat buang air kecil, nyeri saat berhubungan seksual atau saat ejakulasi, ada demam maka perlu dilakukan pemeriksaan.

Periksakan diri pada dokter spesialis urologi agar dilakukan pemeriksaan. Oleh dokter akan dilakukan wawancara mengenai keluhan yang timbul. Dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan tambahan seperti lab darah, pemeriksaan urine, USG dan juga pemeriksaan lain yang diperlukan.

Apabila penyebabnya adalah infeksi, maka akan diberikan pengobatan sesuai penyebab infeksi. Tetapi jika penyebabnya hal lain maka penanganan akan disesuaikan mulai dari perbaikian keseharian sampai jika diperlukan tindakan operasi.

Untuk itu, sementara waktu bisa menghindari aktivitas berat, hindari mengangkat berat, hindari penggunakan celana yang terlalu ketat dan juga segera periksakan diri. Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada banyak fakta dan mitos mengenai penis dan ereksi keras

7 Fakta dan Mitos Ereksi Keras dan Penis yang Mencengangkan

Ada banyak mitos dan fakta terkait penis dan ereksi keras yang beredar di masyarakat. Beberapa fakta seperti sejak bayi, laki-laki dapat mengalami ereksi bahkan sejak janin namun hal tersebut disebabkan karena adanya respons alamiah tubuh bukan stimulus seksual.