30 Apr 2021, 14:52Perut

Benjolan di perut sebelah kiri bawah, apa penyebabnya?

TZ
Info Penanya: TZ0
Mohon maaf sebelumnya Dok,,,saya ingin bertanya kenapa dibagian bawah kiri perut saya ada benjolan tetapi tidak terasa sakit, tapi kalau di tekan agak sedikit sakit, kalau masalah menstruasi Alhamdulillah lancarr dok, tapi benjolan itu TDK keliatan dipermukaan perut tapi ada didalam perut dibagian bawah kiri dekat pinggang, itu penyakit atau apa yh dok dan apa penyebabnya? Terima kasih.
99 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, TTerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan di bagian perut bisa terjadi karena beberapa penyebab. Keadaan ini bisa terjadi baik pada pria ataupun wanita baik dengan gejala penyerta ataupun tanpa gejala penyerta. Gejala penyerta yang bisa terjadi saat adanya benjolan di perut bisa berupa keluhan terkait BAB, demam, nyeri perut, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab benjolan di perut sebelah kiri bawah:

  • Hernia
  • Lipoma (benjolan lemak)
  • Adanya masalah pada saluran kemih
  • Massa atau tumor pada rongga perut
  • Abses (benjolan yang berisi nanah)
  • Kista (benjolan yang berisi cairan)
  • Kondisi medis lain terkait kesehatan organ tubuh di dalam rongga perut
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, alangkah baiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat untuk tahu penyebab pasti dari benjolan tersebut. Selain dilakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti USG, CT scan, atau pemeriksaan lainnya untuk membantu menegakkan diagnosa. Lakukanlah istirahat cukup, hindari kelelahan, hindari menekan atau menyentuh benjolan terlalu sering, tetap konsumsi makanan bergizi dan tetap jaga kebersihan tubuh Anda.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
benjolherniaperutbenjolan lipoma
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil