11 Sep 2021, 17:15Kandungan

Apa penyebab flek darah menggumpal?

MR
Info Penanya: MR0
Saya tanggal 4 agustus sudah mens,tanggl 21 itu hari kesuburan saya,distu kami berhubungan.. tpi di tanggal 30 agustus keluar flek darah dan gumpala berwarna kecoklatan.. dihari berikut nya kluar flek darah dan gumpala darah seperti daging..itu kenapa iya dok.apakah itu mens atau hal yang lain????
82 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, MTerima kasih atas pertanyaannya.Darah yang keluar dari vagina dapat berupa suatu flek atau perdarahan ringan.  Perdarahan ringan ini lebih ke arah bercak-bercak darah.  Ketika ada darah flek yang menggumpal bisa dikarenakan suatu kondisi tertentu.  

Penyebab flek menggumpal :

  • Darah haid pada awal haid karena darah yang masih banyak dan terkadang akan menjendal sehingga saat keluar membentuk gumpalan. 
  • Gangguan hormonal karena efek stres, penggunaan KB hormonal, obesitas, usia puber atau menjelang menopause. 
  • Gangguan di rahim contohnya fibroid rahim, adanya endometriosis, polip dan kista rahim.  
Dihitung dari siklus haid sebelumnya, ada kemungkinan darah yang keluar seperti menggumpal  merupakan darah haid.  Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa juga merupakan darah implantasi.  Lakukan evaluasi 4 hari kedepan misal tetap berlanjut maka merupakan darah haid, tetapi jika berhenti di 1-3 hari maka lakukan testpack.  Misal darah yang menggumpal seperti daging berlangsung lebih dari seminggu atau berulang di siklus haid selanjutnya maka merupakan hal yang abnormal sehingga perlu dilakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan guna cek rahim memastikan adakah kondisi berbahaya yang membuat darah dari vagina menjadi menggumpal. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidperdarahanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil