09 Dec 2020, 13:35Kandungan

Apa efek mengkonsumsi pil KB saat hamil terhadap janin?

VA
Info Penanya: VA0
Siang dok mau nanya saya kan gak tau kalau saya lagi hamil terus kemarin saya minum pil tuntas habis 6 biji, saya juga mengkonsumsi nanas. Apakah tidak akan terjadi apa apa sama kandungan saya?
6274 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat siang VA,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Kehamilan adalah sesuatu yang sangat dinanti oleh sebagian orang. Karena medapatkan anak adalah sebuah anugerah terbesar bagi seorang Ibu. Lain halnya bagi pasangan yang belum ingin mendapatkan anak, atau pasangan yang melakukan hubungan seksual di luar pernikahan, atau pasangan yang sudah memiliki anak banyak, kemudian hamil kembali, menngetahui bahwa dirinya hamil, seperi malapetaka yang terjadi. Konsumsi pil KB dan makanan tertentu yang sengaja dilakukan unutk menggugurkan kandungan merupakan perbuatan yang melanggar hukum, dan tentunya membahayakan ibu serta janin. Untuk itu, bijaklah dalam berpikir dan melakukan sesuatu hal.

Apa efek mengkonsumsi pil KB saat hamil terhadap janin?

Pil KB mengandung hormon progestin, esterogen, atau kombinasinya dibuat untuk mencegah kehamilan dengan cara mencegah terjadinya ovulasi, mengentalkan lendir serviks, mencegah terjadinya pembentukan lapisan dinding rahim yang berguna untuk penempelan janin. Beberapa peneliti juga berpendapat bahwa pil KB dapat mengganggu konsentrat vit A di dalam tubuh, ini dapat merusak mata dan perkembangan saraf mata janin. Pil KB juga dapat menurunkan kadar asam folat di tubuh yang mana fungsi asam folat ini sangat berguna untuk membentuk dan perkembangan seluruh organ janin, ini dapat menimbulkan risiko janin lahir dengan kecacatan organ. Pil KB juga dapat meningkatkan keguguran karena fungsinya yang menipiskan dinding rahim.Konsumsi nanas saat hamil tidak membahayakan kehamilan karena nanas hanya mengandung enzim bromelain yang sangat kecil di dalamnya. Enzim ini yang diduga dapat memicu keguguran. Namun kandungan vit C yang tinggi pada nanas dapat membuat ibu hamil menjadi nyeri pada ulu hati, terasa panas, dan mual. hendaknya konsumsi nanas juga tidak berlebihan.Jika Anda terlanjur mengkonsumsi pil KB saat hamil, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan untuk melihat perkembanagan organ janin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena janin adalah bakal manusia yang harus kita jaga, kita sayangi, dan kita rawat perkembangannya.Anda juga dapat menggunakan alat kontrasepsi "sebelum" hamil dengan cara melakukan pengecekan terlebih dahulu agar tidak terulang kejadian ini lagi. Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
kehamilankegugurankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil