Baru menikah lalu telat haid 6 hari, apakah kemungkinan hamil ?

FA Info Penanya: FA
Pagi dok, saya mau bertanya.Saya nikah tgl 5juli melakukan hubungan di tanggal 6juli, terakhir saya haid itu tgl 21 juni dan di kalender cek kelancaran haid seharusnya saya haid di tgl 19juli dengan siklus 28hari. Sampai skg tgl 25Juli saya tidak haid telat 6hari apa kemungkinan hamil? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA.

Sebagian besar pasangan yang baru menikah umumnya akan mendambakan memiliki momongan dalam waktu dekat. Adanya keterlambatan haid biasanya akan segera diidentikan dengan tanda awal kehamilan. Namun pada dasarnya keterlambatan haid masih dapat disebabkan oleh berbagai faktor lainnya yang berhubungan dengan keadaan hormon pengatur siklus haid.

Adapun berbagai faktor tersebut yang meliputi :

  • status gizi yang tidak normal baik obesitas ataupun terlalu kurus
  • pola makan tidak sehat
  • kurangnya berolah raga ataupun terlalu banyak berolah raga
  • kelelahan
  • penggunaan dan konsumsi obat tertentu seperti Pil KB 
  • stres, kecemasan dan kondisi mental emosional yang sedang labil
  • penyakit tertentu seperti kista ovarium, PCOS, hingga gangguan tiroid

Mengenai keluhan telah haid pada Anda yang baru mencapai 6 hari, ada baiknya menunggu beberapa hari lagi khususnya hingga melewati 10 hari untuk dapat melakukan test pack. Hal ini bertujuan agar hasil pemeriksaan lebih akurat karena jika terjadi kehamilan, membutuhkan waktu bagi hormon kehamilan untuk dapat meningkat secara signifikan sehingga terhindar dari kemungkinan positif palsu.

Sementara menunggu, Anda dapat mulai mengonsumsi makanan yang lebih sehat, beristirahat dengan cukup dan menghindari aktivitas berlebih. Jika hasil pemeriksaan test pack negatif, mungkin keterlambatan haid disebabkan oleh salah satu faktor diatas. Apabila keterlambatan haid tidak kunjung membaik dan mencapai tiga siklus haid, periksakanlah diri Anda ke dokter Kandungan .

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stretch mark saat hamil terjadi karena kulit mengalami peregangan

3 Tahapan Stretch Mark Saat Hamil, Apakah Anda Menyadarinya?

Stretch mark muncul pada masa kehamilan karena kulit mengalami peregangan. Sekitar 90% wanita memiliki stretch mark saat usia kehamilan bulan ke-6 atau ke-7. Pada saat hamil, perut akan terasa sangat gatal dan kencang lalu timbul garis-garis stretch mark terutama di perut dan payudara.