Keluar darah setelah berhubungan seksual setelah melahirkan

T Info Penanya: T
Saya mau tanya dok . Saya 2 bulan pasca secar kemudian saya haid . Dan 2 hari selesai haid saya berhubungan kemudian beberapa hari setelahnya saya keluar darah lagi hingga 2 hari . Apa bisa terjadinya kehamilan dok klo keluar darah seperti itu ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam T,

Perdahan setelah berhubungan seksual adalah keluhan yang bisa timbul karena adanya ganguan pada organ reproduksi dan bukan selalu merupakan tanda kehamilan. Apabila sebelumnya baru saja melahirkan dan belum ingin kembali hamil ada baiknya bisa menggunakan kontrasepsi.

Beberapa metode kontrasepsi yang bisa digunakan saat menyusui diantaranya:

  • KB spiral atau alat kontrasepsi dalam rahim yang juga dikenal dengnan IUD
  • Pil KB
  • KB suntik
  • KB implan
  • Kondom
  • Kontrasepsi mantap jika tidak lagi menginginkan tambahan anak

Penyebab perdarahan saat berhubungan seksual

Penyebab perdarahan setelah berhubungan seksual sendiri bisa karena adanya polip dalam saluran reproduksi, adanya luka pada vagina karena berhubungan seksual, adanya peradangan vagina, vagina yang kering, dan beberapa penyebab lain.

Jadi ika perdarahan hanya terjadi sesekali tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika setiap melakukan hubungan seksual selalu terjadi perdarahan maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Jika perdahana berlebih maka akan diberikan obat untuk menghentikan perdarahan dan penanganan untuk penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual setelah 3 hari berhubungan belum tentu menandakan kehamilan.

Mual Setelah 3 Hari Berhubungan, Apa Penyebabnya?

Mual setelah 3 hari berhubungan belum tentu menandakan kehamilan. Sebab, ada berbagai macam kondisi medis yang bisa menyebabkan mual setelah 3 hari berhubungan.