Sering mengalami sesak napas di malam hari

TV Info Penanya: TV, Wanita, 23 Tahun
Selamat malam dok, saya Tulus umur 23 tahun, saya mau nnya dok, pas saya masih SMP sy sdh mengalami sesak napas, dan sampai saat ini saya selalu mengalami sesak napas dan sering terjadi pada malam hari, sebelumnya saya ada penyakit maag, klo boleh tau apa obat nya dok.. ,terimakasih...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TV,

Sesak napas adalah keluhan yang bisa terjadi karena beragam hal, baik masalah di saluran napas seperti asma, masalah di pencernaan, masalah jantung, sampai pada masalah psikologis seperti cemas dan panik.

Apabila memiliki riwayat maag, perlu di perhatikan mengenai pola makan dan asupan makanannya. Perlu hindari makanan yang bisa meningkatkan asam lambung seperti makanan asam, pedas, bersantan dan minuman berkaffein seperti kopi, teh, cokelat dan soda.

Perhatikan juga gejala apa yang menyertai saat sesak datang seperti:

  • Ada tidaknya suara napas tambahan seperti suara mengi
  • Ada tidaknya nyeri ada
  • Apa yang jadi pemicu sesak
  • Ada tidak nyeri ulu hati
  • Ada tidak mual dan muntah
  • Ada tidak kebiruan pada bibir dan kuku

Jika keluhan sering kali kambuh, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter agar dipastikan penyebabnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti rontgen, rekam jantung dan pemeriksaan lain yang diperlukan.

Untuk itu bisa juga konsumsi obat maag sebelum makan seperti antasida untuk menghindari sesak dan nyeri karena maag. Tetapi jika penyebabnya masalah pernapasan atau lainnya perlu diberikan obat sesuai resep dokter. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersin dan hidung gatal merupakan salah satu gejala rhinitis alergi

Mengulik Kasus Rhinitis Alergi Ekstrem di Dunia

Kasus rhinitis alergi bisa jadi sangat ekstrem pada beberapa orang. Ketika kambuh, mereka bisa sulit bernapas hingga merasakan komplikasi.