Kenapa setelah menggunakan IUD keputihan semakin banyak?

NL Info Penanya: NL
Mlm dokSaya mau tanya kenapa ya semenjak pasang iud saya keputihan bnyak berlendir kya dahak,gatel,berbau kadang Gatelnya banget dok smpe lecet bekas garukan kena air perih trus suka d dlem dinding pagina suka ada putih putih kaya kapas gtu,,Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NL,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

KB IUD (intraurine device) atau yang dikenal juga sebagai KB spiral merupakan salah satu alat kontrasepsi yang memiliki tingkat efektivitas tinggi. KB spiral ini bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

KB IUD merupakan alat kontrasepsi yang berbentuk huruf T. Alat ini dipasang di dalam rahim melalui vagina. IUD berfungsi menahan pergerakan sperma agar tidak masuk ke sel telur sehingga tidak terjadi kehamilan.

Meskipun terbilang praktis dan efektif dalam mencegah kehamilan. KB IUD juga memiliki efek samping yang wajib diperhatikan, beberapa diantaranya :

IUD sering terlepas atau bergeser, sehingga sebaiknya Anda mengecek benang IUD secara berkala dengan cara :

  • Cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.
  • Duduk atau jongkok dengan posisi yang nyaman.
  • Masukkan jari ke dalam vagina hingga menyentuh leher rahim (serviks). Leher rahim ini terasa keras dan kenyal, seperti ujung hidung Anda.
  • Jika Anda merasakan ujung benang di dalam serviks, berarti IUD masih berada pada tempatnya.

Dalam keterangan yang Anda sebutkan bisa saja IUD Anda sedang dalam posisi yang tidak tepat, sebaiknya lakukan pemeriksaan sendiri atau pemeriksaan ke dokter kandungan jika keluhan dirasa sangat menggangu dan keputihan berubah warna menjadi kuning, hijau atau berbau tidak sedap.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Nikmati momen bercinta dengan pasangan tanpa perlu memusingkan mitos-mitos agar cepat hamil

Posisi Bercinta Agar Cepat Hamil, Sudah Coba?

Benarkah posisi bercinta memengaruhi cepat hamil? Faktanya posisi bercinta misionaris tidak menjamin cepat hamil, dan posisi bercinta doggy style tidak menentukan jenis kelamin bayi.