Apakah ada kemungkinan saya hamil saat pertama kali berhubungan?

A Info Penanya: A, Wanita, 16 Tahun
Assalamualaikum dok,saya mau tanya, kemarin pada tanggal 10april 2020 kemarin saya berhubungan intim,tetapi tidak ke luar didalam,dan saya juga ga berdarah padahal itu pertama kali saya berhubungan,dan saya haid pada tanggal 20april2020 ,apakah ada kemungkinan saya hamil?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Wa'alaikum salam wr. wb, selamat pagi,  A.

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Banyak beberapa mitos terkait dengan keperawanan, seperti adanya bercak darah karena robekan selaput dara saat pertama kali melakukan kegiatan seksual merupakan tanda sebuah keperawanan. Padahal, secara normal selaput dara memang terbuka (tidak sepenuhnya tertutup). Kata perawan sendiri sebenarnya didefinisikan sebagai wanita yang belum pernah melakukan kegiatan seksual. 

Lalu, siklus menstruasi pada wanita normal terjadi setiap 21-35 hari, rata-rata wanita mengalami siklus 28 hari. Cara untuk menghitung siklus menstruasi dimulai dari hari pertama Anda menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Sedangkan masa subur biasanya terjadi sekitar 2 minggu sebelum menstruasi pada bulan berikutnya. 

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika ejakulasi dilakukan di luar organ reproduksi wanita maka kemungkinan untuk hamil sangatlah kecil, terlebih selang beberapa hari kemudian Anda mendapatkan menstruasi.

Apablia anda berencana untuk menunda kehamilan, anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan terkait penggunaan kontrasepsi yang cocok untuk Anda dan pasangan. 

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan kontrasepsi darurat biasanya dipilih jika alat kontrasepsi yang biasanya digunakan tidak efektif mencegah kehamilan

Mengenal Kontrasepsi Darurat untuk Menunda Kehamilan

Kontrasepsi darurat adalah alat kontrasepsi yang dapat digunakan segera setelah melakukan hubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi darurat terbagi menjadi dua jenis, yaitu bentuk pil dan IUD atau spiral.