03 Oct 2020, 01:11Kandungan

Apakah menstruasi setelah berhubungan bisa hamil?

AA
Info Penanya: AA, Wanita, 21 Tahun
Dok saya mau tanya, 4 hari sebelum haid di awal bulan saya berhubungan intim, beberapa hari kemudian meanstruasi, apakah bakal terjadi hamil atau ngga?
480 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, AABTerima kasih atas pertanyannya.Menstruasi adalah proses terjadinya peluruhan sel telur yang telah matang dan tidak dibuahi.  Sedangkan kehamilan adalah proses bertemunya sel sperma dan sel telur yang telah matang kemudian akan berkembang menjadi janin di dalam rahim. 

Seseorang dikatakan hamil ketika ada gejala seperti :

  • Haid yang terlambat
  • Nyeri pada payudara
  • Badan lemas, pegal-pegal
  • Nyeri atau kram pada pinggang atau perut.  
Terkait pertanyaan Anda, jika setelah berhubungan lalu menstruasi maka tidak terjadi kehamilan karena sel telur sudah meluruh menjadi darah menstruasi.  Namun, harus dibedakan darah yang keluar adalah benar darah menstruasi atau darah implantasi. Darah implantasi adalah darah/bercak yang keluar setelah 6-12 setelah terjadinya pembuahan. Darah implantasi memiliki tanda seperti hanya keluar 1-2 hari, berupa bercak atau darah dalam jumlah sedikit, konsistensi tidak kental seperti darah menstruasi.  Jika darah yang keluar adalah darah implantasi maka kehamilan mungkin terjadi.    Untuk itu, jika Anda ragu tidak ada salahnya lakukan pemeriksaan testpack atau periksa langsung ke dokter kandungan terdekat agar penanganan bisa lebih tepat.  Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat, dr. Farah
kehamilanmenstruasites kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil