23 Aug 2021, 14:43Kandungan

Kondom sempat terbalik sebelum penistrasi, bisa hamil?

DW
Info Penanya: DW0
Dokter, saat saya akan memasukkan penis ke dalam vagina saya menggunakan kondom, dan kondom sempat terbalik, lalu saya pakai lagi dengan benar, dan langsung saya masukkan ke vagina Itu aman kan dok??
229 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, D
Terima kasih atas pertanyaan Nda
Kondom adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang sering digunakan karena cukup praktis dan efektif. Efektivitas dari penggunaan kondom ini dalam mencegah kehamilan cukup baik apabila digunakan dengan cara yang benar. Selain cukup efektif dalam mencegah terjadinya kehamilan, penggunaan kondom juga bisa turut mencegah tertinfeksi oleh penyait menular seksua.

Menggunakan kondom yang terbalik

Menggunakan kondom yang terbalik, maka menyebabkan seseorang merasa kesulitan saat memasang kondom. Sehingga apabila kondom tersebtu dilepas dan digunakan kembali, maka dikhawatirkan akan ada robekan pada kondom yang bisa berpengaruh terhadap fungsinya. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, efektivitas kondom yang terbalik, meskipun sudah dilepas dan dipasang ulang dikhawatirkan bisa mempengaruhi efektivitas dari kondom tersebut.Apabila dilakukan ejakulasi di dalam vagina, dan siklus haid pasangan Anda mengalami keterlambatan pada periode berikutnya alangkah baiknya untuk melakukan tes kehamilan untuk memastikan apakah pasangan Anda hamil atau tidak. Pastikan Anda tetap menjaga kebersihan area kewanitaan, hindari kelelahan, konsumsi makanan bergizi, gunakan kondom dengan cara yang benar, hindari melakukan seks bebas, dan lakukan olahraga agar tubuh tetap sehat. Periksa ke dokter spesialis kandungan bila diperlukan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshubungan seksualkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil