Kondisi jantung penyebab sakit dada?

R Info Penanya: R, Wanita, 35 Tahun
Selamat pagi Dokter,Saya wanita 36th, tiga bulan lalu saya terkena jantung bengkak. Saat ini, saya sering mengalami nyeri dada tembus ke punggung belakang. Dada terasa memar saat bersepeda, saat hati lagi cemas sering berdebar kencang tetapi tidak sesak nafas dan saat menarik napas, pinggang sebelah kiri terasa nyeri. Mohon petunjuk Dokter, apa yang saya alami ini.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu R,

Informasi yang Ibu sampaikan diatas, sayangnya sangat terbatas sehingga kami tidak dapat melakukan analisa mendalam apa yang Ibu alami saat ini.

  • Seperti informasi jantung bengkak, ini diperoleh dari siapa ?
  • Apakah ada pemeriksaan Dokter dan apakah ada pemeriksaan EKG (ElektroKardioGram) dan sejenisnya ? Hasilnya apa ?
  • Apakah Dokter pemberian obat-obatan setelah itu ?
  • Nama Obat-obatnya apa saja ?
  • Setelah tiga bulan apakah ada perbaikan dari keluhan sebelumnya ?

 

Keluhan yang Ibu alami belum tentu berhubungan dengan penyakit jantung, bisa juga akibat kelelahan, stress atau asam lambung yang meningkat.

 

Cobalah untuk lebih memperhatikan waktu makan dengan menu makanan yang sehat, terapkan makan dengan waktu 3x sehari dengan porsi yang sedikit ditambah 2x sesi untuk ngemil buah dan sayuran sehat.

 

Istirahat teratur, tidur malam 7 jam sehari dan lakukan pencegahan stress. Berteman dan bersahabat dengan keluarga dan kembangkan hubungan sehat dengan sahabat dekat.

Lakukan olahraga rutin dan kembangkan sikap hidup optimis dan positif. Bila dimungkinkan lakukan perjalanan liburan yang membangun jiwa dan memberi pengalaman indah dalam hidup.

 

Bila keluhan dirasa sangat mengganggu segera datang ke tempat praktek dokter terdekat, untuk berkonsultasi lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat tertawa yang dapat dirasakan adalah mengurangi depresi dan melawan stres

Tertawalah, karena Manfaat Tertawa Sangat Menyehatkan Tubuh dan Pikiran!

Manfaat tertawa untuk kesehatan adalah menurunkan depresi dan meningkatkan kualitas tidur. Anda bahkan bisa mengurangi stres, menjaga kesehatan, mengurangi rasa sakit, hingga melawan kelupaan.