29 May 2021, 08:30Penyakit Lainnya

Nyeri dada apa penyakitnya?

DA
Info Penanya: DA0
Pagi pak/ibu dokter, Mohon konsultasinya. Sudah 1 bulan saya nyeri-nyeri, kadang di bagian dada kiri, kanan dan punggung. Saya sudah ke IGD, dan direkam jantung hasilnya normal. Namun sampai saat ini masih nyeri. Nah untuk kompres area nyeri sebaiknya air dingin/es atau air panas ya dok?. Selanjutnya saya tanya, apakah produksi dahak dan lendir kental banyak itu normal dok? Padahal saya tidak sedang dalam kondisi batuk lho, saya jadi was2. Padahal sudah jarang makan gorengan. Tapi tidak sesak.
224 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore DA,Nyeri dada seringkali dikaitkan dengan penyakit jantung, namun sebenarnya nyeri dada ini bisa disebabkan oleh gangguan organ lain seperti gangguan lambung, infeksi paru, kram otot, dll. Jika hasil rekam jantung Anda normal maka artinya jantung Anda normal dan berarti keluhan nyeri dada yang Anda rasakan disebabkan oleh gangguan organ lainnya.Salah satu penyakit yang seringkali menyebabkan keluhan nyeri dada pada dewasa muda adalah GERD. Kondisi asam lambung yang naik ini akan menimbulkan keluhan nyeri dada, dada terasa panas atau terbakar, dahak lebih banyak di tenggorokan meski tidak sedang batuk, perut kembung, dan sering bersendawa.

Penanganan terhadap GERD:

  • Makan porsi kecil tapi sering.
  • Hindari konsumsi pedas, asam, santan, kanji, ketan.
  • Hindari minuman soda, kopi serta alkohol.
  • Minum antacida.
  • Hindari stres karena kondisi stres atau cemas akan memicu produksi asam lambung lebih banyak.
Terapkan cara-cara diatas serta lakukan foto rontgen guna memastikan penyebab nyeri dadanya bukan dari gangguan paru. Konsultasikan keluhan Anda dengan dokter penyakit dalam.Salam sehat,dr. Vina
gerdnyeri dadatukak lambung
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil