Komplikasi dan cara mengatasi luka gigitan tikus

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
dokter, 2 hari lalu kaki saya kena gigit tikus sepertinya karna saya tidur dilantai dan rumah memang agak kotor. hari ini saya demam padahal saya waktu itu udah cuci trus kasih betadin. penyakit apa yg ada di tikus ya dok? saya tetep harus cek ke puskesmas?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Gigitan binatang pengerat seperti tikus perlu diwaspadai, karena seringkali menyebabkan demam akibat infeksi. Demam ini dapat terjadi seketika dalam waktu dekat atau terjadi beberapa hari setelah gigitan.

Selain demam, keluhan lain yang sering muncul adalah nyeri di sendi-sendi, nyeri otot, mual, muntah, menggigil, nyeri tenggorokan, muncul bercak kemerahan, atau muncul nanah di luka bekas gigitan. Keluhan bergantung pada bakteri yang menginfeksi Anda, apakah Streptobacillary atau Spirillary.

Penanganan yang harus segera Anda lakukan ketika digigit tikus adalah sesegera mungkin membersihkan lukanya dengan air mengalir, kemudian keringkan dan oleskan salep antibiotik. Bila tampak luka cukup dalam, segera ke RS agar bisa dibersihkan lebih baik dan diberi suntikan anti tetanus.

Karena penanganan yang tidak baik dapat menimbulkan komplikasi berupa meningitis, infeksi paru-paru, maupun miokarditis.

Bila luka gigitan cukup dalam, atau timbul kemerahan, bengkak, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter atau Rumah Sakit sesegera mungkin.

Anda juga perlu menjaga kebersihan rumah untuk menghindari tikus berkeliaran di dalam rumah.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pelajari cara menurunkan demam pada anak, untuk mengobati demam dengan gejala berbeda

Tidak Perlu Panik, Berikut Ini Cara Menurunkan Panas Anak

Demam pada anak membuat Anda panik dan bingung bagaimana mengobatinya. Pelajari gejalanya dan cara menurunkan panas anak. Penanganannya juga berbeda, tergantung pada usia anak dan penyebab demamnya.