20 Oct 2020, 18:25Kulit & Kelamin

Komedo hitam bagaimana menghilangkannya?

AA
Info Penanya: AA0
Dok saya masih bingung kandungan apa yang harus diberikan ke muka saya,dalam penggunaan skincare saya belum memenuhi basic skincare wajah, dan saya mulai pakai yang namanya hadalabo aha bha itu,tapi saya teliti lagi ternyata malah efek sampingnya ngebakar kulit dan membuat bopeng kecil, dan tentang komedo saya tidak tau lagi harus bagaimana soalnya kalau masker susah kecabut dan saya juga ga tau harus apaa lagi, dan satu lagi disini saya tidak mumpuni dalam hal budget masih kurang saya.
292 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi AA,Komedo adalah salah satu permasalahan umum pada wajah selain jerawat. Komedo ini terbentuk akibat pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, minyak, dan sel-sel mati kulit. Ada 2 jenis komedo yakni komedo putih dan komedo hitam.

Beberapa penyebab timbulnya komedo:

  • Jarang membersihkan wajah.
  • Jenis tipe kulit wajah berminyak dan ori-pori kulitnya besar.
  • Perubahan hormon misal sedang haid atau hamil.
  • Produksi keringat berlebihan.
  • Penggunaan make up terlalu sering dan tebal sehingga pori-pori kulit akan tersumbat.

Tips menghilangkan komedo menggunakan bahan alami.

Yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan komedo di rumah adalah:
  • Oleskan minyak kelapa bila wajah Anda kering karena kulit yang kering juga dapat menyebabkan sumbatan pada pori-pori kulit.
  • Gunakan masker dengan campuran madu dan stroberi yang sudah dihancurkan dan dioleskan di bagian yang banyak komedonya. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas.
  • Oleskan campuran madu dengan jeruk lemon.
  • Pakai masker lidah buaya secara teratur.
Bila Anda sering menggunakan pore pack untuk menarik komedo, maka sebelumnya Anda perlu mengompres wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulitnya. Bila sudah terbuka, baru tempel pore packnya. Bila pore pack sudah ditarik selanjutnya kompres wajah menggunakan es batu untuk menutup pori-pori kulit. Usahakan untuk menjaga kebersihan wajah dengan baik dan hindari pemakaian kosmetik secara berlebihan. Bila komedo dirasa sangat banyak atau berjerawat, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kecantikan untuk membersihkannya.Salam sehat,dr.Vina
jerawatkomedomasker wajah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil