Komedo atau bintik di kemaluan, apa penyebabnya?

IR Info Penanya: IR, Pria, 21 Tahun
Hallo dok,Dok kenapa ada bintik2 kecil putih dikemaluan. Tepatnya ujung buah zakar..Kaya seperti komedoKenapa ya. Terus gmna cara ngilangin nya yaTrimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore IR, 

Bintik pada penis adalah keluhan yang bisa merupakan gangguan pada penis ataupun hal yang sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan. Bintik-bintik kecil terutama pada sekitar ujung penis. Bintik bisa tampak disekeliling kepala penis dan tampak jumlahnya bisa banyak dan bintik kecil-kecil.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa penyebab seperti:

  • Infeksi kulit akibat bakteri 
  • Infeksi kulit akibat virus seperti molluscum contagiosum
  • Pearly penile papule dimana tidak memerlukan penanganan khusus
  • Infeksi kutu rambut kemaluan
  • Reaksi alergi karena bahan pakaian tertentu, detergen dan lainnya

Jika tidak ada keluhan ataupun tidak dirasa mengganggu apabila penyebabnya adalah pearly penile papule sebenanya tidak perlu penanganan khusus dan beberapa kasus dapat hilang sendiri. 

Tetapi jika dirasa mengganggu atau timbul keluhan seperti gatal, perih, ata lainnya maka perlu diperiksakan pada dokter spesialis kulit dan kelamin. Karena ini bukan suatu kasus yang cukup tinggi urgensinya maka ada baiknya menunda pemeriksaan dalam 2 minggu - 1 bulan kedepan setelah kondisi lebih kondusif.

Jaga kebersihan organ intim dengan rutin mengganti pakaian dan pakaian dalam terlebih setelah beraktivitas.Jaga kebersihan diri dengan lebih sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata , mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan social distancing untuk membantu memutus wabah yang tengah terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bersihkan wajah secara teratur dapat membantu mengatasi pori-pori besar pada wajah

6 Cara Mengatasi Pori-pori Besar yang Mengganggu di Wajah

Pori-pori besar adalah kondisi pori-pori kulit wajah yang tidak bisa dikecilkan, tetapi bisa disamarkan. Banyak cara untuk mengecilkan pori-pori, salah satunya dengan membersihkan wajah secara teratur agar tidak ada kotoran yang menyumbat pori-pori.