Kombinasi suplemen dan obat asam urat, apakah aman?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok, Saya merasakan gejala-gejala asam urat seperti rasa panas di sendi. Sebelum berobat ke dokter, sudah mengkonsumsi daun kepel tabletan yang dijual di toko obat. Katanya obat ini berkhasiat menurunkan gejala kolesterol. Saya merasa gejala nyeri di sendi mulai berkurang. Menurut dokter, tablet dari daun kepel ini apakah aman saya konsumsi dan bisa saya selingi dengan obat dokter? Mohon sarannya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L,

Nyeri pada sendi seringkali dikaitkan dengan peningkatan asam urat, selain itu bisa ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, teraba panas pada sendi yang meradang yang terjadi secara mendadak sehingga timbul kekakuan dan sulit bergerak.

Penanganan awal yang dapat dilakukan adalah :
  1. Kompres kaki yang sakit menggunakan es batu.
  2. Istirahatkan kaki, jangan banyak berjalan.
  3. Minum banyak air putih.
  4. Hindari konsumsi makanan berlemak, seafood, jeroan, emping, intinya makanan-makanan yang kandungan purinnya tinggi.
  5. Minum obat-obatan untuk meredakan nyeri.
  6. Minum bahan alami seperti cuka apel, jus lemon, teh hijau, dll.

Untuk penggunaan daun kepel sendiri memang dipercaya memiliki khasiat menurunkan asam urat dan kolesterol, namun belum ada penelitian dosis berapa yang seharusnya diminum dan untuk jangka waktu berapa lamanya. Sebaiknya tidak mencampur antara obat-obatan medis dengan obat herbal agar tidak terjadi interaksi silang dan agar tidak membingungkan hasilnya.

Atur pola makan, minum air putih yang banyak minimal 2 liter per hari, dan berolahraga secara teratur, serta kontrol rutin ke dokter sampai hasil laboratorium Anda menunjukkan nilai normal.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

hindari makan daging untuk mencegah asam urat naik

5 Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Asam Urat yang Sebaiknya Dihindari

Bagi Anda penderita asam urat, sebaiknya hindari makanan yang mengandung purin tinggi. Lantas, apa saja jenis makanan pemicu asam urat yang sebaiknya dihindari?