Kolesterol, gula darah, asam urat

YH Info Penanya: YH, Pria, 18 Tahun
Pagi Dokter,Beberapa waktu lalu, saya cek laboratorium, yakni gula darah, kolesterol, dan asam urat. Dan hasilnya mengejutkan, yaitu kolesterol 280, gula darah 120, dan asam urat 8,5. Saya kaget, Dok dengan hasil yang keluar karena semua hasil dikategorikan tinggi. Saya masih muda, apa yang harus dilakukan, Dok? Saya mahasiswa yang jadwal kuliah sekaligus asisten yang padat, sehingga setiap hari saya pergi jam 7 pagi pulang jam 8 malam. Tidak banyak waktu yang saya miliki untuk berolahraga, bisakah Dokter memberikan solusi yang tepat untuk saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi Bapak YH,

Tepat sekali Bapak, melakukan pemeriksaan pada usia dini walaupun sekedar iseng namun ini merupakan langkah awal yang tepat untuk mengetahui kondisi kesehatan Bapak saat ini.

Karena informasi yang Bapak berikan belum lengkap, maka secara umum, kami  simpulkan bahwa jenis pemeriksaan yang Bapak lakukan adalah : Gula Darah Sewaktu (karena ada beberapa jenis pemeriksaan Kadar Gula Darah), kolesterol Total (karena ada beberapa jenis pemeriksaan Kadar Kolesterol dalam darah) dan Asam Urat. Dan bahwa menurut perkiraan kami semua pemeriksaan ini dilakukan tanpa puasa 8 sampai 10 jam sebelumnya.

Sebelum menjawab pertanyaan Bapak, lebih dulu kami sampaikan nilai rujukan atau nilai yang dianggap normal dari 3 jenis pemeriksaan yang Bapak lakukan :

  1. Nilai Normal untuk Gula Darah Sewaktu (GDS) adalah 70 mg/dl sampai 200 mg/dl
  2. Nilai normal untuk Kolesterol total adalah 150 sampai 200 mg/dl
  3. Nilai normal Asam Urat adalah pada Pria  2,4 mg/dl sampai 5,7 mg/dl sedangkan Wanita 3.4 mg /dl sampai 7,0 mg/dl

Nilai rujukan ini dapat berbeda untuk setiap Laboratorium Klinik sampai beberapa angka, namun perbedaan tidak begitu jauh dan berkisar antara angka yang disebutkan disini.

Jadi untuk Bapak, yang terlihat tinggi melebihi nilai rujukan adalah untuk pemeriksaan hasil Kolesterol Total dan Asam Urat. Kedua komponen ini berhubungan dengan berat badan Bapak, yang sesuai data yang diberikan juga belum merupakan berat badan yang ideal.

Saran kami, usahakan untuk mencapai berat badan ideal yaitu 69 kg, dengan cara mengatur pola makan sehat, hindari jajanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak trans. Contohnya bakso, gorengan, fastfood, mie, dan lain lain.

Makan teratur 3 kali sehari, dan minum air minimal 2 liter sehari, jadikan ini sebagai pola hidup yang harus ditaati. Bila sulit memiliki waktu berolahraga, maka jadikan kegiatan sehari-hari sebagai solusi pengganti berolahraga. Contohnya memilih naik tangga sebagai pengganti lift atau eskalator, berjalan kaki pada jam makan siang atau berjalan kaki dari halte bis kekantor.

Sangat penting untuk memperoleh waktu tidur malam yang berkualitas yaitu 6 sampai 7 jam semalam, untuk kesehatan badan dan jiwa.

Terapkan pola hidup sehat selagi muda, untuk memperoleh umur panjang dan hidup yang berkualitas.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diabetes pada anak tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol

Masih Kecil Sudah Kencing Manis, Waspadai Gejala Diabetes pada Anak

Tidak hanya pada orang dewasa, diabetes pada anak juga bisa terjadi. Umumnya, diabetes pada anak adalah diabetes tipe 1 yang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol.