Apasajakah manfaat dari suplemen kolagen?

SU Info Penanya: SU
Hai dok... apa kah minum kolagen diva pda usia 40 an msh ada pengaruhnya/manfaatnya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kolagen adalah salah satu protein utama yang membentuk tubuh. Hal ini dikarenakan kolagen bereran penting dalam pembentukan sel kulit, sendi, tulang serta otot-otot tubuh. Terdapat 28 tipe kolagen pada tubuh. Dari 28 tipe tersenut, tipe 1 dan tipe 3 ditemukan terutama pada kulit dan tulang, sedangkan tipe 2 ditemukan pada sendi. Saat ini, sudah banyak sekali suplemen kolagen yang beredar dipasaran.

Adapun beberapa manfaat suplemen kolagen adalah:

  • Membantu memelihara kesehatan kulit
  • Membantu meringankan keluhan nyeri pada sendi
  • Meningkatkan massa otot
  • Mencegah tulang keropos
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjaga kesehatan kuku

Tanpa kita sadari, kolagen dapat ditemukan pada makanan sehari-hari. Adapun beberapa contoh makanan yang mengandung kolagen adalah makanan yang berasal dari protein hewani seperti kulit ayam, kulit babi, daging sapi, ikan, kaldu ayam, dan lain sebagainya. Namun, masih perlu dilakukan penelitian terkait dengan makanan yang tinggi kolagen dengan kenaikan produksi kolagen dalam tubuh bila dibandingkan dengan manfaat dari suplemen kolagen.

Walaupun suplemen kolagen cenderung aman dikonsumsi, namun terdapat beberapa risiko seperti reaksi alergi, masalah penceraan, rasa panas di dada (heart burn), perut kembung dan lain sebagainya.

Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter sepsialis kulit terdekat bila akan mengonsumsi suplemen kolagen agar dapat menentukan dosis yang sesuai dengan kondisi Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bahaya kebiasaan menggigit kuku salah satunya adalah dapat menimbulkan cantengan

Kenali Paronikia, Cantengan karena Infeksi Akibat Sering Gigit Kuku

Paronikia adalah infeksi yang terjadi akibat sering menggigit kuku. Kondisi terjadi saat kulit yang berada di area kuku mengalami iritasi atau cedera. Infeksi yang terjadi disebabkan oleh bakteri atau jamur.