Keguguran dengan hasil test pack yang masih positif

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Dok sy mau tnya, bbrp hr lalu sy mngalami pndrhn diusia khamiln sy yg 5 mggu, kmdian sy prksa k.RS ktnya gjl kgugurn, sy dksh obt pnguat kndungan sm obt plasminex, sdh sy mnm obtnya bsknya keluar drh tp g bnyk tp malah kluar sprt jaringan/gumpalan dok, trs sy prksa lg di Usg ktnya janinnya g brkmbang, trs diksh obt buat brshn kndungan ktny, tp pas plg sy minm obt itu, bsknya sy TP tp hslnya positif. Itu gmn y dok? Sy bingung
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Keguguran ialah keadaan kehamilan yang terhenti secara spontan dan hanya dapat mencapai usia kehamilan 20 minggu pertamanya. Keguguran dikenal juga dengan istilah medis abortus spontan. 

Beberapa tanda dan gejala keguguran yang umum terjadi antara lainnya yaitu :

  • perdarahan 
  • adanya cairan dan gumpalan jaringan yang menyertai perdarahan
  • nyeri dan kram di area perut bagian bawah serta pinggul

Penyebab keguguran seringkali sulit untuk diidentifikasi secara pasti. Umumnya keguguran dibawah usia kehamilan 3 bulan terjadi karena keadaan janin yang kurang optimal. Sedangkan pada usia kehamilan 3 bulan keatas, biasanya dipengaruhi oleh kondisi medis sang Ibu.

Sebelumnya kami turut berduka akan peristiwa yang Anda alami. Terkait pertanyaan tentang test pack yang masih positif pasca dinyatakan telah mengalami keguguran, perlu terlebih dahulu Anda ketahui bahwa pada dasarnya dalam mendeteksi kehamilan, yang berperan menentukan positif dan negatifnya adalah hormon kehamilan (hCG/human chorionic gonadotropin).

Sedangakn hCG tersebut mengalami puncak level tertinggi di dalam tubuh pada usia kehamilan 8-10 minggu dan akan kembali menurun levelnya di usia kehamilan 20 minggu atau lebih. Oleh karena itu jika Anda mengalami keguguran dibawah usia kehamilan 20 minggu, akan membutuhkan waktu lebih lama bagi hCG untuk menurunkan levelnya hingga menghilang. Pada umumnya cibutuhkan waktu mencapai 4-6 minggu setelah paska keguguran untuk level hCG kembali normal. Penjalasan tersebutlan yang menyebabkan test pack Anda masih positif kendati Anda telah mengalami keguguran.

Jika Anda masih ragu, berkonsultasilah lebih lanjut dengan dokter Kandungan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab keguguran salah satunya adalah perdarahan

Tanda-tanda dan Penyebab Keguguran yang Terjadi pada Ibu Hamil

Keguguran merupakan hilangnya janin sebelum kehamilan memasuki minggu ke-20. Penyebab keguguran bisa beragam, yang pasti penting untuk diketahui agar dapat dihindari.