Apa penyebab keluar cairan kuning dari hidung?

LH Info Penanya: LH, Wanita, 35 Tahun
selamat pagi dok, saya mau bertanya, kenapa ya dok saya setiap hri selalu keluar air dri hidung warna kuning sprti nanah encer tidak banyak mmg , setiap saya mau sujud atw nunduk di siang hri sllu kluar, mksi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LH.

 

Keluarnya cairan hidung adalah hal yang wajar terjadi ketika kita sedang menderita penyakit flu. Namun jika sedang tidak flu lalu cairan hidung mengalir sendiri keluar dapat juga disebabkan oleh kondisi lain. Hal ini tentunya membuat rasa khawatir.

Adapun beberapa kemungkinan kondisi yang Anda alami yang menyebabkan keluarnya cairan hidung berwarna kekuningan adalah sebagai berikut:

  1. Sinusitis. Peradangan pada rongga sinus. Dengan gejala, pusing, hidung tersumbat, cairan keluar dari hidung.
  2. Rhinitis alergi. Dimana gejala dapat disertai juga dengan hidung gatal, bersin-bersin, mata berair. Hal ini terjadi akibat terpapar oleh alergen seperti debu, asap rokok, bulu binatang.
  3. Rhinitis vasomotor. Ketika suhu ruangan dingin akan menimbulkan gejala hidung tersumbat, keluarnya cairan dari hidung.
  4. Polip hidung. Benjolan yang terdapat pada rongga hidung. Gejala yang dialami yaitu keluarnya cairan hidung, disertai hidung mampet sehingga penciuman menurun.

Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan, kemungkinannya adalah salah satu penyakit diatas. Namun saran saya untuk memastikan kembali sebaiknya Anda lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT agar dapat diberi penanganan yang tepat.

Untuk sementara waktu Anda dapat melakukan hal dibawah ini:

  • Hindari pajanan alergen seperti, debu, asap, bulu binatang, dan udara dingin agar tidak memicu terjadinya alergi.
  • Gunakan humadifier didalam ruangan agar udara tidak kering dan memicu iritasi pada hidung.
  • Lakukan penyedotan debu setiap hari.
  • Jangan menggunakan obat sembarangan seperti obat tetes hidung tanpa anjuran dokter.
  • Perkuat sistem imunitas dengan makan banyak protein, sayur dan buah.
  • Istirahat yang cukup.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gejala sinus terkadang mirip dengan gejala flu

Ini Ciri-Ciri Sinus yang Membedakannya dengan Pilek Biasa

Meski terlihat seperti flu, sebenarnya sinusitis memiliki ciri-ciri yang membedakannya. Salah satunya adalah memiliki durasi yang lebih lama. Tapi tentu perbedaan ciri-ciri sinus bukan hanya itu saja. Pemicu dari sinus adalah alergi, infeksi bakteri, virus, dan jamur. Sementara pilek akibat common cold disebabkan oleh virus.